Jawa Pos

Terkesan Salat Id di Masjid Al Akbar

-

SURABAYA – Tidak semua pemain Persebaya Surabaya pulang kampung ketika liburan panjang sebelum menjamu Persinga Ngawi (14/9). Tersisa dua pemain yang setia menjaga apartemen tempat tinggal Persebaya. Mereka adalah Andri Muliadi dan Miswar Saputra.

Ya, dengan libur enam hari yang diberikan manajemen klub berjuluk Green Force itu, umumnya pemain memutuskan pulang kampung. Baik yang rumahnya di sekitar Jawa Timur maupun luar Pulau Jawa. Tetapi, Andri dan Miswar yang sama-sama asal Aceh memilih tetap tinggal di apartemen. Sebenarnya Sidik Saimima yang berasal dari Ambon dan Samuel Reimas (Sorong) juga tidak pulang kampung. Namun, mereka berdua jarang di apartemen. Keduanya lebih banyak menghabisk­an waktu di mes Anak Bangsa, salah satu klub internal Persebaya.

Kemarin, ketika Idul Adha, Andri dan Miswar samasama janjian untuk salat Id di Masjid Al Akbar Surabaya. Bagi Andri, bek tengah Persebaya, itu kali pertama salat di masjid terbesar di Kota Pahlawan tersebut. Sedangkan Miswar pernah salat Jumat di sana.

’’Penuh sekali salat di masjid ini. Kami berangkat pas setelah subuh karena ingin mendapat saf paling depan. Tetapi, ternyata sudah ada yang menempati,’’ kata Andri. Setelah salat, dia dan Miswar berfoto bareng dengan dua rekannya sesama orang Aceh yang tinggal di Surabaya dengan latar Masjid Al Akbar.

Setelah salat, mereka tidak lanjut untuk ikut kegiatan penyembeli­han hewan kurban. Keduanya memilih balik ke apartemen untuk beristirah­at, kemudian melakukan latihan ringan. Andri maupun Miswar kali terakhir pulang kampung ke Aceh pada Idul Fitri Juni lalu.

Sementara itu, ketika umat Islam sedunia merayakan hari Idul Adha, pada hari yang sama, gelandang Persebaya Misbakus Solikin merayakan ulang tahun ke-25. ’’Alhamdulil­lah, ultah saya dirayakan umat muslim se-Indonesia. Sampai potong kambing dan sapi segala,’’ canda wakil kapten Persebaya itu, lantas tertawa.

Setelah salat Id di masjid dekat rumahnya, dia mendapat kejutan dari sang kekasih, Devina Ferling. Selain sang pujaan hati, Mis –sapaan Misbakus Solikin– kedatangan sahabatnya yang merupakan penggawa timnas U-22 Indonesia Evan Dimas Darmono. (dit/c4/ham)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia