Jawa Pos

PDIP Belum Tutup Pintu

Calon Lain Masih Bisa Daftar ke DPP

-

SURABAYA – Saifullah Yusuf menjadi satu-satunya pendaftar bakal calon gubernur (bacagub) di PDI Perjuangan (PDIP). Namun, partai moncong putih itu belum menunjukka­n dukungan yang pasti. Mereka masih menunggu konsolidas­i secara struktural dan komunikasi dengan para kiai di Jawa Timur.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyant­o menyatakan, hingga kini DPP belum mengambil keputusan. Rencananya, awal September ini, Hasto akan berkunjung kepada kiai sepuh dengan didampingi Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi. Hasto menuturkan, PDIP bakal memohon doa restu dan meminta masukan dari para kiai. Sebab, PDIP punya ikatan historis dengan NU. ”Secara kultural dan historis, PDIP punya kedekatan dengan NU,” imbuhnya. Masukan para kiai nanti digunakan sebagai dasar untuk menentukan peta politik Jatim.

Mengenai dukungan bagi Gus Ipul, Hasto memberikan jawaban yang mengambang. ”Gus Ipul adalah sahabat baik kami, tapi keputusan (rekomendas­i bacagub, Red) tetap diambil Bu Mega,” tegasnya. Hasto memang tidak bisa memastikan arah dukungan Megawati. Namun, dia menilai pendaftara­n Gus Ipul menunjukka­n niat baik untuk membangun hu bungan dengan PDIP. ” Itu akan mendapat perhatian penting dari DPP,” jelasnya. Hasto juga menyatakan akan mengupayak­an konsultasi dengan elite DPP soal dukungan terhadap Gus Ipul.

Pada 10 September mendatang, Megawati Soekarnopu­tri dijadwalka­n memimpin konsolidas­i di Jawa Timur. Ketua umum PDIP tersebut akan mendengark­an secara langsung masukan dari struktural partai. Itu juga akan menjadi pelengkap bagi tugas Sekjen dan ketua DPD untuk sambang kepada kiai sepuh. Hasto menampik bahwa dukungan akan dideklaras­ikan pula hari itu. ”Ketua umum hanya memimpin konsolidas­i. Tanggal 11 bersama Risma (Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i, Red) melihat taman di Surabaya,” jelasnya.

Hasto mengakui, ada beberapa pihak yang juga membangun komunikasi dengan DPP. Dia menyatakan, semua pihak masih punya kesempatan untuk berkomunik­asi dengan pusat. Termasuk yang tidak mendaftar lewat DPD PDIP Jatim.

Soal Khofifah Indar Parawansa, Hasto menyatakan ragu jika menteri sosial itu akan melepas jabatannya saat ini. Dikabarkan bahwa Presiden Joko Widodo akan me- reshuffle beberapa menteri. Namun, belum jelas apakah nama Khofifah masuk dalam daftar reshuffle tersebut. Hasto menilai kinerja Khofifah sebagai Mensos cukup baik. ” Reshuffle itu semata-mata untuk peningkata­n kinerja. Kalau kinerjanya baik, tidak ada rencana pergantian,” ujar Hasto.

Hasto hadir di Surabaya untuk merayakan Hari Kemerdekaa­n sekaligus Idul Adha di Posko Gerakan Gotong Royong yang dipimpin Mat Mochtar. Acara yang diselengga­rakan di Bulak Banteng itu dihadiri pula oleh Gus Ipul dan Kusnadi. (deb/c6/oni)

Gus Ipul adalah sahabat baik kami, tapi keputusan (rekomendas­i bacagub, Red) tetap diambil Bu Mega.” Hasto Kristiyant­o Sekjen DPP PDIP

 ?? DEBORA DANISA SITANGGANG/ JAWA POS ?? TEMAN NGOPI: Dari kiri, Hasto Kristiyant­o, Saifullah Yusuf, dan Mat Mochtar dalam acara Hari Kemerdekaa­n dan Idul Adha kemarin (1/9).
DEBORA DANISA SITANGGANG/ JAWA POS TEMAN NGOPI: Dari kiri, Hasto Kristiyant­o, Saifullah Yusuf, dan Mat Mochtar dalam acara Hari Kemerdekaa­n dan Idul Adha kemarin (1/9).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia