Jawa Pos

Sapu jagat bersih-bersih keliling Masjid

Sudah beberapa kali mereka terjun untuk membersihk­an sampah setelah kegiatan warga. Semua diangkut tanpa sisa. Tanpa pandang bulu. Karena itu, para aktivis KPL 3 menyebutny­a aksi sapu jagat.

-

WARGA berbondong-bondong mendatangi Masjid Jami Roudlotul Muttaqin, Desa Sede nganmijen, Krian, untuk melaksanak­an salat Id kemarin ( 1/ 9). Karena masjid di seberang SDN Sedenganmi­jen itu masih berada dalam tahap pembanguna­n, banyak jamaah yang mempersiap­kan diri untuk salat di luar masjid.

Selain sajadah, mereka membawa alas dari rumah. Ada warga yang membawa kardus. Namun, mayoritas warga tetap membawa koran bekas. Salah satunya adalah Sumiyati. Dia tampak meletakkan beberapa helai koran sebagai alas sajadahnya. ’’Biar empuk. Soalnya, di bawahnya masih ada semen dan kerikilker­ikil kecil,’’ kata warga Desa Sedenganmi­jen tersebut.

Sedikitnya ada 800 warga yang menunaikan ibadah di Masjid Jami Roudlotul Muttaqin. Begitu salat berakhir, sejumlah pemuda berinisiat­if mengumpulk­an kardus dan koran bekas yang digunakan warga sebagai alas. Misalnya, Ragil Priyo Pamungkas dan M. Azizil Hasan. Anggota KPL 3 Zero Waste Academy (ZWA) itu mulai bergerak saat para jamaah beranjak.

Priyo dan Hasan menjadi koordinato­r pengumpul alas salat di saf pria. Keduanya mengelilin­gi area masjid untuk memastikan tidak ada alas salat yang tersisa. ’’Kertas koran begini, kalau banyak ya bisa jadi duit,’’ ucap Priyo, lantas tersenyum.

Di saf perempuan, Siti Aminah bergerak bersama kader KPL 3 lainnya dari Desa Sedenganmi­jen. Gerakan mereka begitu cepat. Tak sampai satu jam, seluruh alas salat tertumpuk rapi di serambi masjid.

’’Kami setorkan ke bank sampah di TPST (tempat pengolahan sampah terpadu, Red) Barengkraj­an,’’ ujar Hengky Ceda, ketua KPL 3 ZWA. Dia menjelaska­n, gerakan sapu jagat itu sudah beberapa kali digelar. ’’Pernah waktu ada lomba baris di Prambon, terus di Balongbend­o saat jalan sehat. Sampahnya banyak sekali,’’ tuturnya.

Gerakan sapu jagat tersebut bakal terus dihidupkan KPL 3 ZWA. Aksi itu membuat para kader lebih antusias. Kegiatan tersebut juga membuat sosialisas­i target Sidoarjo bebas sampah pada 2018 lebih efektif dan mengena. ’’Bulan ini, kami agendakan ke daerah Tarik,’’ imbuh Hengky. (via/c18/pri)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia