Jawa Pos

Rajut Kebersamaa­n di Hari Raya Kurban

-

SIDOARJO – Malam takbiran Idul Adha tahun ini terasa berbeda bagi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Kamis malam (31/8) menteri alumnus UIN Sunan Ampel itu memilih ikut takbiran bersama mahasiswa baru Universita­s Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) di Aula Gedung Rohmatul Ummah Jalan Monginsidi.

Menpora hadir di lokasi pukul 18.30. Kehadiran Imam disambut beragam atraksi seni. Antara lain, seni tari, pencak silat, dan pembacaan puisi. Setelah itu, Imam diminta Rektor Unusida Dr H Fatkul Anam MSi menjadi pembicara di hadapan ratusan mahasiswa baru dengan tema kebangsaan. Karena malam makin larut, Imam pun akhirnya memimpin takbiran.

Semarak malam Hari Raya Idul Adha juga terasa di sudut-sudut kampung Kota Delta. Di desa-desa wilayah Kecamatan Buduran, misalnya. Antara lain, di Desa Prasung. Bahkan, parade takbir keliling itu juga dilombakan.

Menurut Kades Prasung Imam Syafii, lomba takbiran tersebut baru dilaksanak­an tahun ini. ’’Tahun lalu hanya parade. Biar lebih meriah, saya buat lomba sekarang,’’ katanya.

Semarak takbiran juga terasa di Desa Katerungan, Krian. Di desa itu juga ada lomba takbir keliling. Peserta dari RT 10, misalnya. Mereka menampilka­n the carnival kids. Yakni, rombongan anak-anak berpakaian serbaputih. Ada pula arakarakan sambil menggotong benda yang dibuat seperti Kakbah.

Suasana sekolah pun semarak. TK Ma’arif dan MI Ma’arif Taman, TK Aisyiyah Bustanul Athfal Taman, serta MTs Muhammadiy­ah 1 Taman juga menggelar takbir keliling. Ada ribuan warga yang ikut turun. ”Jamaah NU dan Muhammadiy­ah ikut jadi satu,” ujar Wakasek MTs Muhammadiy­ah 1 Taman Amrozi.

Sementara itu, pelaksanaa­n salat Idul Adha di Kota Delta berlangsun­g khidmat. Di Masjid Agung, misalnya. Sejak pukul 05.30, ribuan jamaah berbondong-bondong menuju masjid dekat alun-alun tersebut. Pada pukul 06.00, rombongan pimpinan daerah masuk ke masjid. Antara lain, Bupati Saiful Ilah, Wabup Nur Ahmad Syaifuddin, Sekda Djoko Sartono, dan Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono.

Selepas salat Idul Adha, dilaksanak­an penyerahan hewan kurban. Antara lain, dari bupati yang menyerahka­n seekor sapi dengan bobot 800 kg yang disumbangk­an ke Masjid Agung. Adapun sapi Wabup memiliki berat sekitar 600 kg yang disumbangk­an ke kantor Kemenag Sidoarjo. (bil/aph/via/uzi/c20/hud)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ??
BOY SLAMET/JAWA POS
 ?? ARYA ADITYA/JAWA POS ??
ARYA ADITYA/JAWA POS
 ?? RESVIA AFRILENE/JAWA POS ?? JAGA TRADISI: Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan (bertopi) ikut mengolah daging kurban bersama warga. Foto bawah, lomba parade takbir keliling membuat suasana Desa Prasung, Kecamatan Buduran, lebih semarak pada Hari Raya Idul Adha tahun ini.
RESVIA AFRILENE/JAWA POS JAGA TRADISI: Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan (bertopi) ikut mengolah daging kurban bersama warga. Foto bawah, lomba parade takbir keliling membuat suasana Desa Prasung, Kecamatan Buduran, lebih semarak pada Hari Raya Idul Adha tahun ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia