Jawa Pos

Maju Mundur Program Satu Desa Satu Mobil

-

SIDOARJO – Sejumlah kepala desa (Kades) menanyakan kelanjutan program satu desa satu mobil siaga desa. Betapa tidak, hingga saat ini ternyata pemkab belum juga berhasil merampungk­an petunjuk teknis (juknis) tentang pengadaan kendaraan operasiona­l desa tersebut.

Menurut Imam Syafii, Kades Prasung, Buduran, pihaknya tidak tahu pasti penyebab pengadaan mobil desa itu tidak kunjung jelas. Padahal, target realisasi yang dijanjikan di awal sosialisas­i adalah pertengaha­n tahun ini. Artinya, pengadaann­ya sudah molor beberapa bulan.

Dia menegaskan, kendaraan operasiona­l tersebut sudah dinanti pemerintah desa. Sebab, fungsinya sangat penting untuk pelayanan masyarakat. Karena itu, dia menaruh harapan besar agar mobil siaga desa itu bisa segera terwujud sebelum akhir tahun ini. ’’Semoga segera terealisas­i,’’ kata pria yang juga menjadi ketua Paguyuban Kades Buduran tersebut.

Pernyataan senada disampaika­n Kades Kenongo, Tulangan, M. Husin. Dia juga mulai cemas jika harus terus menunggu mobil yang dijanjikan pemkab sejak tahun lalu tersebut. ’’Urgensinya besar. Sebab, banyak yang sering mengajukan peminjaman mobil untuk acaraacara kemasyarak­atan,’’ paparnya.

Sejauh ini juknis program satu desa satu mobil siaga itu masih dibahas. Kabarnya, karena khawatir terkait dengan dasar hukum yang jelas, desa berharap tim pemkab benar-benar cermat melakukan pembahasan.

Menurut Kepala Dinas Pember- dayaan Masyarakat dan Desa, Pemberdaya­an Perempuan dan Perlindung­an Anak, Keluarga Berencana (PMD P3A-KB) Pemkab Sidoarjo Ali Imron, juknis mobil desa sebenarnya sudah selesai dirapatkan. Namun, lanjut Ali, juknis tidak bisa langsung disosialis­asikan.

Pemeriksaa­n di bagian hukum rampung sebulan lalu. Meski begitu, pemkab masih meneliti ulang juknis tersebut. Selain itu, pihaknya lebih dulu bertemu dengan bupati. ’’Kami ingin minta masukan dari Pak Bupati,’’ jelasnya. (via/aph/c14/hud)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? KEPASTIAN HUKUM: Ratusan Kades se-Kabupaten Sidoarjo saat mendapat sosialisas­i di kejari soal pengelolaa­n dana desa pekan lalu (25/8). Termasuk rencana pengadaan mobil desa.
BOY SLAMET/JAWA POS KEPASTIAN HUKUM: Ratusan Kades se-Kabupaten Sidoarjo saat mendapat sosialisas­i di kejari soal pengelolaa­n dana desa pekan lalu (25/8). Termasuk rencana pengadaan mobil desa.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia