Jawa Pos

Latihan Rutin Muay Thai

-

GRESIK – Intan Winarno tidak ingin di sela kesibukan sebagai penyanyi terganggu. Apalagi, saat stamina yang tidak fit dan kualitas vokal menurun. Karena itu, dia rutin berlatih muay thai. Yakni, selama dua kali dalam sepekan dalam rentang waktu latihan dua jam.

Intan merasakan betul bahwa olahraga tersebut berpengaru­h positif pada energi dan napasnya. Dua hal yang sangat penting terutama saat menyanyi. ”Kalau fisik kita baik, nyanyi berapa lagu pun stamina masih kuat, suara juga tetap stabil. Nggak bergelomba­ng dan ngos-ngosan,” terang vokalis Terbaik Purwacarak­a Music Studio 2006 itu.

Menurut Intan, meski menyanyi dengan gerakan yang atraktif, seorang penyanyi harus tetap bisa menjaga kontrol suara. Apalagi, sekali mengisi acara, dia bisa menyanyi sekitar 10 lagu dalam tempo 2 jam. ” sekadar nyanyi, gerak atau jogetjoget, terus teler,” ujarnya.

Selain itu, Intan mengurangi konsumsi makanan pedas dan gorengan. Juga, menghindar­i makanan yang mengandung MSG. ”Sebisa mungkin kalau penyanyi jangan makan MSG deh. Itu bisa bikin suara jadi becek dan nggak jernih,” pungkas Best Vocal Band Competitio­n seGerbangk­ertosusila 2007 itu. ( hay/c21/dio)

 ?? NURUL KOMARIYAH/JAWA POS ?? Nggak
NURUL KOMARIYAH/JAWA POS Nggak

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia