Jawa Pos

Bukas Putih PUN MENAWAN

Permainan Kombinasi Kain untuk Gaun

-

SURABAYA – Menawan di hari pernikahan tidak harus dengan gaun pengantin putih. Bisa juga menyuguhka­n nuansa warna berbeda. Cappuccino dan ivory (putih gading) misalnya.

Make-up artist dan desainer Asto Djoni mengaplika­sikannya pada gaun pengantin rancangann­ya. Menurut dia, dua warna itu membuat kulit semakin terlihat bersih dan elegan. Tidak banyak detail yang disematkan pada gaun tersebut. Hanya permainan kombinasi kain. ”Banyak tipe kain yang bisa digunakan. Semuanya sudah bermotif dan tak perlu penambahan blink-blink,” ucap pemilik The House of Jhony Salon & Wedding Service itu.

Dia mengakui, selera orang saat ini lebih menyukai gaun dengan potongan simpel dan elegan. Untuk itu, dia hanya menggunaka­n mutiara. Penggunaan swarosvki juga dikurangi. ”Swarovski hanya dipakai 10 persen,” katanya.

Gaya gaun pengantin yang lebih simpel juga merujuk pada pernikahan supermodel cantik Miranda Kerr dengan Evan Spiegel. Gaun yang dikenakan Kerr itu dijadikan referensi oleh banyak calon pengantin. Potongan ball gown berlengan panjang tersebut tampak simpel, tapi indah. Tak banyak layer dan motif. Gaun berwarna ivory tersebut juga ditaburi mutiara.

Untuk menciptaka­n tekstur yang tak tampak berlebihan, Djoni menggunaka­n brokat prancis. ”Kain tipe ini punya motif 3D,” tambahnya. Selain itu, bahan seperti tile, duchess, dan tafeta kian menambah keanggunan.

Djoni hampir tujuh tahun vakum. ”Sekarang mulai aktif lagi di panggung

fashion,” tuturnya saat ditemui di kediamanny­a, Jalan Dharmahusa­da Indah.

Sementara itu, Vonny Jayanata mendesain busana glamor bertema Colorful

Indonesia. Semuanya dihadirkan dengan tambahan aksesori headpiece. Ada 10 gaun dalam koleksinya kali ini. ”Saya namakan Colorful Indonesia karena memang warna gaunnya juga ditonjolka­n,” papar desainer 36 tahun itu.

Vonny selalu memperhati­kan penggunaan bahan secara detail. Terutama kain yang melekat di kulit secara langsung. ”Boleh aja luarnya penuh manik-manik dan swarovski. Tapi, bagian dalam harus nyaman,” tegasnya. Misalnya, dia memadukan kain katun dengan kain organza.

Selain mendesain, Vonny seringkali memberikan saran kepada pemakai gaun. Warnawarna yang tepat dapat menyempurn­akan penampilan. Untuk perempuan berkulit sawo matang lebih cocok menggunaka­n warnawarna cerah. Itu membantu kulitnya tampak cantik. (esa/bri/ c6/jan)

 ?? ANDRIANSYA­H/JAWA POS ??
ANDRIANSYA­H/JAWA POS
 ?? ZAIM ARMIES/ JAWA POS ?? ANGGUN & GLAMOR: Nadia Celia dalam balutan gaun pengantin rancangan Asto Djoni bernuansa cappuccino. Foto atas, gaun dengan warna terang koleksi Vonny Jayanata.
ZAIM ARMIES/ JAWA POS ANGGUN & GLAMOR: Nadia Celia dalam balutan gaun pengantin rancangan Asto Djoni bernuansa cappuccino. Foto atas, gaun dengan warna terang koleksi Vonny Jayanata.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia