Jawa Pos

Belanda Bisa Jadi Penonton Lagi

-

SEPAK bola perempuan Belanda baru seumur jagung. Sangat kontras jika dibandingk­an dengan usia Oranje –julukan timnas senior Belanda yang sudah berusia 83 tahun. Tim sepak bola perempuan Belanda baru berkiprah sekitar delapan tahun terakhir. Namun, di usianya yang masih belia, Leeuwinnen –julukan timnas perempuan Belanda– sudah menuai prestasi hebat. Bulan lalu Leeuwinnen merengkuh trofi Euro 2017.

Arjen Robben dkk pun diminta untuk menjadikan Leeuwinnen sebagai sumber inspirasi. ”Sebab, mereka mengerti apa yang semestinya mereka berikan,” kata Menteri Perdaganga­n Luar Negeri dan Kerja Sama Pembanguna­n Belanda Lilianne Ploumen seperti dikutip NL Times. Kebetulan, sang menteri juga duduk di tribun Stade de France, Saint Denis, Jumat lalu WIB (1/9).

Bukan cuma Ploumen, beberapa menteri Belanda juga hadir di stadion. Edith Schippers, menteri olahraga, juga tak kalah kecewa. Menurut dia, tahun ini seharusnya menjadi tahun ke- bangkitan sepak bola Belanda. Kesuksesan di kategori perempuan tak seharusnya dirusak timnas pria yang justru memiliki sejarah panjang. ”Perlu ada yang diubah dari sistem di KNVB,” tegas Schippers. (ren/c11/bas)

 ??  ?? ROBIN VAN LONKHUIJSE­N/EPA
ROBIN VAN LONKHUIJSE­N/EPA
 ?? TOBIAS SCHWARZ/AFP PHOTO ??
TOBIAS SCHWARZ/AFP PHOTO

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia