Jawa Pos

Kini Tak Hanya Bahas Pumping

Eping Ranting Solo

-

LINGKUNGAN yang sehat buat anak harus diciptakan orang- orang terdekatny­a. Hal itu tidak mudah. Sebab, orang-orang dekat itulah yang justru berpotensi memberikan pengaruh buruk kepada si kecil. Lewat Tangkis Community Competitio­n, Jawa Pos

For Her mengajak para ibu dan komunitas menciptaka­n lingkungan yang nyaman dan aman untuk tumbuh kembang buah hati.

Salah satu komunitas yang punya semangat Tangkis tersebut adalah Exclusive Pumping Mama Indonesia (Eping) Ranting Solo. Komunitas itu beranggota ibu-ibu muda. ’’Komunitas ini didirikan September 2016. Anggotanya kini 220 orang,’’ ungkap Yeni Susanti, administra­tor sekaligus humas Eping Ranting Solo.

Dia menceritak­an, pendirian komunitas tersebut tidak terlepas dari masyarakat Solo yang kurang memahami pentingnya ASI eksklusif. ’’Banyak ibu yang masih percaya mitos kalau nyusui nggak boleh makan ini atau melakukan itu. Padahal, secara medis nggak terbukti,’’ paparnya.

Eping Ranting Solo pun aktif memberikan penyuluhan kepada para ibu. Baik yang mempersiap­kan kehamilan, sedang hamil, maupun yang sudah ’’lulus’’ menyusui. ’’Kami terbuka kepada perempuan usia berapa pun,’’ imbuh Yeni.

Kegiatan Eping Ranting Solo tidak terbatas pada masalah menyusui. Banyak kegiatan yang dilakukan untuk membantu tumbuh kembang anak. Bermodal anggota yang banyak plus kegiatan yang beraneka ragam, mereka optimistis bisa menyebarka­n tema-tema Tangkis dengan mudah. Yakni, mencegah kejahatan seksual pada anak, anti- bullying, dan mengenalka­n internet secara sehat buat si kecil. Apa saja bentuk aktivitas mereka? (fam/c18/na)

 ??  ?? PEDULI ANAK: Komunitas Eping Ranting Solo aktif melakukan kopdar dan kuliah di grup WhatsApp.
PEDULI ANAK: Komunitas Eping Ranting Solo aktif melakukan kopdar dan kuliah di grup WhatsApp.
 ?? EPING RANTING SOLO FOR JAWA POS ?? AKSI NYATA: Salah satu kegiatan Eping Ranting Solo dalam seminar tumbuh kembang anak Maret lalu.
EPING RANTING SOLO FOR JAWA POS AKSI NYATA: Salah satu kegiatan Eping Ranting Solo dalam seminar tumbuh kembang anak Maret lalu.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia