Jawa Pos

Simulasi Tanjakan dan Jalan Berbatu

-

INGIN meningkatk­an performa dalam bersepeda? Sudah bukan rahasia, berlatih indoor dengan smart

trainer merupakan senjata penting. Khususnya bagi mereka yang tidak punya banyak waktu dan kesempatan untuk berlatih di jalanan. Di Eurobike 2017 yang berlangsun­g

weekend ini (30 Agustus–2 September) di Jerman, muncul sejumlah perangkat baru yang membuat indoor

training makin ’’realistis’’. Dari Wahoo, kini ada perangkat tambahan bernama Kickr Climb. Saat latihan, cyclist kini benarbenar tidak memerlukan roda. Yang belakang sudah dilepas untuk Wahoo Kickr, sekarang roda depan pun dilepas untuk dipasangka­n di Kickr Climb.

Ada motor di perangkat depan itu yang bisa menyimulas­ikan kemiringan tanjakan. Bisa naik turun mengangkat bagian depan sepeda hingga kemiringan 20 persen, bahkan bisa menurunkan bagian depan untuk menyimulas­ikan turunan hingga 10 persen. Tidak ada lagi alasan tak bisa berlatih di tanjakan!

Sementara, dari Tacx, muncul konsep Neo Smart Bike, kombinasi antara Tacx Neo Smart indoor trainer dan gym bike. Tujuannya, membuat sepeda latihan yang benar-benar realistis. Bisa menyesuaik­an dengan berat badan pengendara supaya sensasi akselerasi dan tahanan di tanjakan lebih realistis.

Kemudian, bisa juga bergetar dan berguncang untuk simulasi latihan di jalanan kasar dan berbatu. Caranya? ’’Dengan memanipula­si arus magnetis di dalam flywheel (’roda’ belakang, Red),’’ jelas Tacx.

Konsep baru Tacx itu masih dalam pengembang­an. Kalau jadi, mungkin paling cocok buat cyclist di Indonesia, karena parahnya kondisi jalan sekarang bisa ikut dirasakan saat berlatih di rumah! (aza)

 ?? CYCLING WEEKLY ?? MAKIN REALISTIS: Pada Wahoo Kickr Climb terdapat motor di perangkat depan yang bisa menyimulas­ikan kemiringan tanjakan. Bisa naik turun mengangkat bagian depan sepeda hingga kemiringan 20 persen.
CYCLING WEEKLY MAKIN REALISTIS: Pada Wahoo Kickr Climb terdapat motor di perangkat depan yang bisa menyimulas­ikan kemiringan tanjakan. Bisa naik turun mengangkat bagian depan sepeda hingga kemiringan 20 persen.
 ?? CYCLING WEEKLY ?? BISA BERGUNCANG: Tacx menelurkan konsep Neo Smart Bike. Alat ini menyesuaik­an dengan berat badan pengendara. Juga bisa bergetar untuk simulasi latihan di jalanan kasar dan berbatu.
CYCLING WEEKLY BISA BERGUNCANG: Tacx menelurkan konsep Neo Smart Bike. Alat ini menyesuaik­an dengan berat badan pengendara. Juga bisa bergetar untuk simulasi latihan di jalanan kasar dan berbatu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia