Jawa Pos

El Tri Rebut Tiket ke Rusia

-

MEXICO CITY – Hanya butuh dua menit bagi Hirving Lozano sejak menggantik­an Juergen Damm pada di menit ke-51 untuk memastikan timnas Meksiko lolos ke Piala Dunia 2018 setelah golnya menjadi penentu kemenangan El Tri, julukan Meksiko, melawan Panama pada kualifikas­i zona CONCACAF kemarin.

Tambahan tiga poin membuat Javier ’’Chicharito’’ Hernandez dkk menjadi tim pertama dari CONCACAF yang memastikan satu di antara tiga tiket lolos langsung, satu tiket lagi via playoff, ke Rusia. Secara keseluruha­n, Meksiko menjadi tim kelima yang lolos setelah Rusia, Brasil, Iran, dan Jepang. Lebih jauh, capaian itu menjadi tujuh kali beruntun Meksiko lolos ke putaran final Piala Dunia.

Saat ini Meksiko kukuh di pucuk klasemen dengan 17 poin. Memang masih ada tiga pertanding­an lagi. Namun, jumlah poin mereka tidak bisa dikejar Panama di tempat kelima dengan 7 angka.

’’Kami melalui perjuangan berat saat lolos ke Piala Dunia sebelumnya (Piala Dunia 2014). Dengan apa yang kami lakukan sekarang, pujian harus diberikan kepada semua elemen tim ini,’’ kata penjaga gawang Meksiko Guillermo Ochoa kepada Goal. ’’Ini (lolos Piala Dunia 2018, Red) bukan jalan yang mudah. Namun, masyarakat sudah mendukung kami dan kami melakukann­ya bersama-sama,’’ sambung pemain 32 tahun itu. Pernyataan Ochoa memang benar. Saat lolos ke Piala Dunia 2014, Meksiko melaluinya dengan tertatih-tatih. Mereka harus berjibaku melalui jalur playoff dengan melawan juara zona Oseania Selandia Baru. Sebab, mereka hanya menempati peringkat keempat di klasemen akhir CONCACAF pada 2013. ’’Kami banyak belajar dari proses kualifikas­i kali ini. Keuntungan bagi kami sekarang adalah bisa mempersiap­kan tim lebih baik dalam delapan bulan ke depan,’’ ucap asisten pelatih Luis Pompilio Paez. Lolos dengan tanpa playoff bukan hanya mengubur trauma empat tahun lalu. Lebih dari itu, untuk playoff tahun ini, bukan juara Oseania yang akan dihadapi peringkat keempat CONCACAF tersebut, melainkan tim kelima perwakilan zona AFC. Meski tidak menentukan, tetap saja tiga laga ke depan berperan krusial. Meksiko bisa menurunkan pemain muda atau mereka yang selama ini jarang bermain untuk ambil bagian. Jam terbang lebih banyak bisa membuat mereka kian matang menyongson­g Piala Dunia tahun depan.

Tiga pertanding­an itu adalah vs Kosta Rika (6/9), Trinidad dan Tobago (7/10), dan Honduras (11/10). ’’Ada tiga pertanding­an tersisa. Namun, kami masih memiliki tanggung jawab untuk mempersiap­kan para penggemar Meksiko menuju Piala Dunia. Kami akan berada di sana dan melakukan, seperti biasa, segala kemungkina­n sebagai profesiona­l demi Piala Dunia yang hebat,’’ jelas Paez.

Di kubu Panama, kekalahan kemarin memang belum menutup peluang mereka untuk maju ke Rusia tahun depan. Saat ini, mereka berada di posisi lim adengan 7 poin. Hanya tertinggal satu angka dari Honduras dan Amerika Serikat yang ada di tempat ketiga dan keempat.

Namun, syaratnya juga tidak mudah. Mereka harus bisa memenangka­n tiga pertanding­an berikutnya. Apalagi, peringkat tiga lawan selanjutny­a berada di atas mereka. diYakni, melwan Trinidad dan Tobago (6/9), AS (7/10), dan Kosta Rika (11/10).

‘’Bila kami tidak mengalahka­n Trinidad dan Tobago, maka saya akan mundur,’’ ujar pelatih Panama Hernán Darío Gómez seperti dilansir Pulzo. ‘’Perbedaan dari pertanding­an tadi (kemarin) adalah mereka (Meksiko) sangat kuat. Hari Selasa (Rabu 6/9) kami harus menang dan menang,’’ katanya. (io/c22/c22/tom)

 ?? JOSE MENDEZ/EPA ?? LOLOS: Pemain Meksiko Hector Herrera (kanan) diganggu pemain Panama Anibal Cesis saat pertanding­an kualifikas­i Piala Dunia 2018 di Mexico City kemarin WIB.
JOSE MENDEZ/EPA LOLOS: Pemain Meksiko Hector Herrera (kanan) diganggu pemain Panama Anibal Cesis saat pertanding­an kualifikas­i Piala Dunia 2018 di Mexico City kemarin WIB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia