Jawa Pos

Kunci Tiket di Stuttgart

Jerman Berpeluang Jadi Wakil Eropa Pertama

-

PRAHA – Selain tuan rumah Rusia, belum ada wakil Eropa yang menggengga­m tiket ke putaran final Piala Dunia 2018. Peluang terbesar dimiliki Jerman yang kini memimpin klasemen grup C dengan 21 poin dari tujuh pertanding­an. Kemenangan 2-1 atas tuan rumah Republik Ceko kemarin dini hari membuat Jerman menyapu bersih semua laga yang telah dilakoni.

Dua gol Jerman dicetak Timo Werner pada menit keempat dan Mats Hummels (88’). Sementara itu, gol tunggal tuan rumah lahir dari aksi Vladimir Darida pada menit ke-78. Nah, Jerman dipastikan lolos ke Rusia jika menang atas Norwegia di Stuttgart (5/9). Di sisi lain, Irlandia Utara gagal menang saat menjamu Ceko di Belfast. Sampai dengan rampungnya

ketujuh, Jerman unggul lima angka atas Irlandia Utara (21-16). Jika pada laga berikutnya Jerman menang, sedangkan Irlandia Utara seri atau kalah, jarak poin menjadi tujuh (24-17) atau delapan (24-16). Dengan dua laga tersisa, Jerman tak mungkin lagi terusik sebagai juara grup.

Ya, Jerman memang masih sempurna. Jerman juga selangkah lagi lolos. Namun, pelatih Joachim Loew tidak puas dengan kinerja pasukannya saat melawan Ceko.

’’Kami menguasai pertanding­an dengan mendominas­i Meski demikian, kami sulit menembus lini belakang lawan dan tak membuat banyak kreasi serangan,” katanya. Dalam 45 menit pertama, Jerman cuma membuat dua kesempatan menembak ke gawang Ceko.

Performa Jerman yang kurang memuaskan juga diakui Mats Hummels. Menurut pencetak gol kemenangan Jerman itu, ada masalah dalam skema permainan timnya. ’’Masalah terbesar kami adalah terlalu mudah kehilangan bola. Kami juga kurang sabar dan memberi lawan terlalu banyak ruang permainan,’’ ucap bek 28 tahun tersebut.

Wakil Eropa lainnya yang berpeluang lolos adalah Swiss. Seperti Jerman, Swiss meraup hasil sempurna dari tujuh

yang sudah dilakoni di grup B. Namun, meski menang melawan Latvia (4/9), Swiss tak bisa mengikuti jejak Jerman dengan lolos langsung. Sebab, ada Portugal yang mengemas 18 poin dan hanya berjarak tiga angka dari Swiss.

Jika pada kedelapan Swiss menang, sedangkan Portugal seri atau kalah melawan Hungaria, jarak poin keduanya menjadi lima (24-19) dan enam (24-18). Dengan dua laga yang tersisa, posisi Swiss untuk lolos langsung belum aman. Stephan Lichtstein­er dkk baru menggengga­m tiket ke Rusia pada kesembilan 7 Oktober. (dra/c18/ca)

 ??  ?? day matchball possession. matchday matchday matchday
day matchball possession. matchday matchday matchday
 ?? FERNANDO VELUDO/EPA-EFE ??
FERNANDO VELUDO/EPA-EFE

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia