Jawa Pos

Sekolah Berhemat, Proses Koreksi Akurat

-

SURABAYA – Kegiatan belajar-mengajar (KBM) mulai memasuki masa tengah semester. Artinya, ujian tengah semester semakin dekat. Sekolah pun menyiapkan penilaian terhadap materi yang telah diterima.

Di jenjang SD, sekolah mulai melakukan persiapan. Salah satunya diungkapka­n Kepala SDN Ketabang Suparno. UTS yang dijadwalka­n pada minggu ketiga itu tengah dipersiapk­an. Terutama dalam hal pembuatan soal. ’’ Yang membuat soal adalah masingmasi­ng sekolah,’’ ujarnya.

Suparno menuturkan, UTS akan menggunaka­n kertas ujian. Sebab, menurut dia, UTS online hanya diberikan pada siswa kelas VI. Itu pun pada semester dua. ’’Sekarang kita kenalkan dulu, tapi praktiknya nanti,’’ tuturnya.

Hal berbeda dilakukan SMPN 45 Surabaya. Triworo Parnoningr­um, kepala SMP tersebut, mengatakan bahwa sekolahnya akan menggunaka­n penilaian tengah semester berbasis online.

Penerapan UTS online juga berlaku di SMAN 19 Surabaya. Hal tersebut diungkapka­n Waka Humas SMAN 19 Tri Kurniawati. UTS mendatang berlangsun­g secara paperless. Yakni, menggunaka­n computer based test (CBT). Langkah tersebut sebagai upaya berhemat. Selain itu, proses koreksi berlangsun­g lebih aman dan akurat.

Sementara itu, SMKN 3 Surabaya masih menerapkan ujian berbasis kertas untuk UTS. Untuk UAS, pihak sekolah sudah siap dengan ujian online. Alasannya, sekolah tengah menyiapkan sarana-prasarana. ’’Kalau sudah jalan dan punya bank soal di server, online lebih mudah,’’ jelas Kepala SMKN 3 Surabaya Mudianto. (ant/kik/c15/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia