Jawa Pos

Tanam Lombok di Eks Lahan Penuh Sampah

-

SIDOARJO – Kelompok Peduli Lingkungan (KPL) 2 Zero Waste Academy (ZWA) kemarin (2/9) melakukan aksi tanam cabai. Lokasinya di Desa Gempol Sari, Kecamatan Tanggulang­in. Sebelumnya, lahan yang ditanami cabai itu dipenuhi tumpukan sampah. Namun, lahan tersebut kini sudah dibersihka­n.

Aktivis KPL 2 ZWA menanami lahan tersebut agar tidak lagi menjadi sasaran pembuangan sampah. Tanah di tepi jalan itu berada di seberang makam Desa Gempol Sari. Tepatnya di belakang Puskesmas Tanggulang­in. Ukurannya sekitar 40 x 5 meter.

’’ Semula, lahan yang ditumbuhi beberapa pohon pisang itu tampak kumuh. Tumpukan sampah. Ya, mungkin masyarakat menganggap sudah biasa. Bagi mereka, ini bukan masalah,’’ kata Ketua KPL 2 ZWA Imam Syafi’i.

Imam beserta tim pun harus meyakinkan pihak desa agar mau bertindak tegas terhadap lahan-lahan yang dipenuhi sampah tersebut. Dengan dibantu tim sosialisas­i Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pemkab Sidoarjo, pembersiha­n lahan yang berlanjut dengan penanaman cabai itu terlaksana kemarin. (via/c15/hud)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia