Jawa Pos

Isu DP Gairahkan Gresik Selatan

-

GRESIK – Bank Indonesia (BI) berencana menurunkan value (LTV) rumah. Artinya, uang muka kredit pemilikan rumah (KPR) juga bakal turun. Kebijakan itu tentu menjadi angin segar bagi pengembang di daerah.

Memasuki semester II 2017, gereget pengembang di Kota Pudak menguat. Pembanguna­n properti bergairah. Kawasan Gresik bagian selatan menjadi basis pertumbuha­n hunian baru.

”Wacana penurunan uang muka ( down payment, Red) sudah jadi isu hangat. Makanya, ada gairah membangun lagi,’’ kata pengurus Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Gresik Koko Wijayanto kemarin (3/9).

Dia membenarka­n bahwa gairah pengusaha mulai terasa pada awal semester II 2017. Pembanguna­n properti diprediksi melejit tahun depan. Koko menambahka­n, minat pengembang naik bukan hanya karena faktor uang muka. Kini prosedur perizinan kian mudah. Keluhan pengembang terhadap pelayanan otoritas pemberi izin turun.

Koko memprediks­i pembanguna­n hunian tahun ini meningkat jika dibandingk­an dengan 2016. Berdasar catatan Apersi, sampai September sudah 7 ribu rumah terbangun. Angka itu dimungkink­an bertambah sampai akhir 2017.

Dinas penanaman modal dan PTSP mendata, ada 25 izin pembanguna­n properti selama Januari–Juni 2017. Total investasin­ya mencapai Rp 159,5 miliar. Kebanyakan hunian baru bercokol di Gresik bagian selatan. ”Saya bisa memastikan para pengusaha akan langsung membangun rumah tahun depan,” katanya.

Menurut alumnus Universita­s Gadjah Mada (UGM) itu, beberapa kawasan masih menjadi pusat pengembang­an hunian. Yakni Cerme, Driyorejo, dan Menganti. Salah satu pengembang yang getol adalah Perumnas. Berdasar informasi, BUMN itu berencana membangun perumahan baru tahun depan. Lokasinya Driyorejo. Berdasar rencana, 20 hektare lahan disiapkan.

Posisi Gresik bagian selatan sebagai tonggak properti memang tak bisa lepas dari kiprah Perumnas dalam membangun hunian. Misalnya Perumahan Kota Baru Driyorejo (KBD). Permukiman tersebut sudah dihuni 15 ribu orang. ( hen/c11/dio)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? loan to HUNIAN BARU: Kawasan perumahan di Driyorejo yang masih dalam tahap pembanguna­n. Perumahan yang berbatasan dengan wilayah Surabaya tersebut banyak diminati.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS loan to HUNIAN BARU: Kawasan perumahan di Driyorejo yang masih dalam tahap pembanguna­n. Perumahan yang berbatasan dengan wilayah Surabaya tersebut banyak diminati.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia