Jawa Pos

PLN Jamin Listrik Pelanggan Premium

-

JAKARTA – PT PLN (Persero) menjamin pasokan listrik yang cukup bagi seluruh pelanggan premium. Direktur Utama PLN Sofyan Basir mencontohk­an, salah satu pelanggan premium yang mendapatka­n fasilitas kelas satu adalah Rumah Sakit Cipto Mangunkusu­mo (RSCM) Jakarta.

”Khusus pelanggan premium, kami jaga kualitas pasokan 24 jam sehari, 365 hari setahun. Mudahmudah­an itu bisa kami capai. Bisa dibayangka­n di meja operasi jika terjadi pemadaman. Kami jamin hal itu mudah-mudahan tidak terjadi,’’ ujarnya dalam rangkaian Hari Pelanggan Nasional di RSCM, Jakarta, kemarin (4/9).

PLN juga menjamin akan me- nambah pasokan listrik jika RSCM membutuhka­n daya yang lebih besar dengan adanya peralatan baru dan pengembang­an gedung. Dia memprediks­i, permintaan pasokan listrik di Indonesia, khususnya Jawa, akan meningkat di kemudian hari.

Karena itu, PLN harus melakukan persiapan untuk memenuhi permintaan tambahan daya dan sambungan baru ke depannya. ”Kami harus introspeks­i. PLN akan melakukan tambahan daya luar biasa Jawa dan Indonesia. Kami harus persiapkan diri ke depannya,’’ katanya.

Di tempat yang sama, GM PLN Distribusi Jakarta Raya Muhammad Ikhsan Asaad menambahka­n, layanan bagi pelanggan premium memang wajib diberikan perseroan. Bahkan, untuk menjamin pasokan listrik, PLN telah menyiapkan pasokan listrik dari dua gardu induk sekaligus.

Artinya, jika jaringan di salah satu induk terputus karena persoalan operasiona­l, secara otomatis jaringan dapat langsung berpindah ke induk lainnya dalam waktu kurang dari 3 detik. Selain kehandalan pasokan, lanjut Ikhsan, ada tambahan fitur lain jika terjadi gangguan sistem. ”Tarifnya lebih mahal Rp 30 daripada reguler. Kalau RS masuknya ke golongan sosial. Ada lagi tarif bisnis, pemerintah, dan lainnya,’’ jelasnya. (dee/c21/sof)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia