Jawa Pos

Realisasi Jalur Beton 6 Km Baru Tahun Depan

-

PENGGUNA jalan raya Pare–Plosoklate­n, Kabupaten Kediri, harus lebih bersabar. Walaupun 3 km di antara total 9 kilometer (km) jalan aspal di jalur tersebut sudah diganti beton hingga mulus, sisanya masih belum tersentuh.

Masih ada sepanjang 6 kilometer jalur aspal yang belum dibeton. Parahnya, kondisi aspal rusak berat. Bahkan, bila tak hati-hati, pengguna jalan bisa berpotensi kecelakaan. Kabarnya, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kediri baru membeton sisa jalan tersebut pertengaha­n tahun depan.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Kediri, sisi utara jalur Pare–Plosoklate­n, tepatnya 1 kilometer jalur mulai Desa Gedangsewu, Kecamatan Pare, itu sudah dibeton mulus. Namun, titik setelah Perhutani ke selatan hingga Pasar Dermo, Plosoklate­n, sepanjang 6 kilometer rusak parah.

Baru setelah selatan Pasar Dermo hingga Polsek Plosoklate­n sejauh 2 kilometer, jalur kembali mulus karena sudah dibeton. ”Aduh, jalan aspal yang belum dibeton itu rusak banget,” ujar Ahmad Arifudin, 31, pengendara motor asal Desa Pranggang, Kecamatan Plosoklate­n, saat ditemui koran ini di jalur aspal Desa Watugede, Kecamatan Puncu, yang rusak parah kemarin.

Jalur tersebut memang terlihat rusak parah. Beberapa titik jalan aspal selebar 6 meter telah mengelupas. Selain itu, jalan tersebut berlubang. Bahkan ada lubang yang sedalam 25 cm.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kediri Irwan Candra Wahyu Purnama menerangka­n, jalan aspal yang rusak juga akan diganti beton. Namun, perbaikan tak bisa direalisas­ikan tahun ini.

Alasannya, hingga 31 Desember tahun ini, targetnya hanya membangun 3 kilometer jalan yang kini tinggal finishing. Alokasi dana berasal dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Jawa Timur ( Jatim) dan dana alokasi khusus (DAK). Adapun jalan sepanjang 6 km yang belum dibeton rencananya baru diajukan pada tahun depan.

Pada pertengaha­n 2018, kata Irwan, jalan yang rusak sepanjang 6 km tersebut baru dibangun. ”Baru tahun depan akan dibeton,” ungkapnya. (fiz/ndr/c21/diq)

 ?? FIKRI ZULFIKAR/JAWA POS RADAR KEDIRI ?? MENUNGGU: Pengendara melintas di jalan Pare-Plosoklate­n kemarin.
FIKRI ZULFIKAR/JAWA POS RADAR KEDIRI MENUNGGU: Pengendara melintas di jalan Pare-Plosoklate­n kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia