Jawa Pos

Tifosi Bakal Alihkan Dukungan ke Dovi

Rossi Targetkan Comeback di Aragon

-

MISANO – Yang selalu diingat dari GP San Marino adalah deretan penonton beratribut serbakunin­g yang memenuhi grand stand. Mereka mendukung pahlawan lokal mereka, Valentino Rossi. Akhir pekan ini, mereka harus kecewa karena The Doctor terpaksa menepi dari sirkuit 30–40 hari ke depan.

Jika mengingat cedera yang sama pada 2010, ketika mengalami kecelakaan hebat di sesi latihan bebas MotoGP Italia, Rossi baru kembali membalap setelah 42 hari. Setelah absen empat seri, Rossi kembali di MotoGP Jerman dan menempati finis keempat. Di seri berikutnya, MotoGP Amerika Serikat juara dunia tujuh kali kelas premium itu langsung berdiri di podium lagi.

Cederanya kali ini dinyatakan dokter tidak separah enam tahun lalu. Karena itu, Yamaha belum memutuskan memanggil rider pengganti untuk mengisi kursi balap Rossi untuk sementara. Mereka berharap pemulihan bisa dipercepat.

Pelatih fisik Rossi, Carlo Casablanca, menjadi sosok paling penting dalam mempercepa­t proses kembalinya Rossi ke sirkuit. Bersama tim terapis dan Yamaha, Rossi menarget hanya akan kembali membalap pada GP Aragon. Atau hanya absen satu seri.

Jika tak ada Rossi, kemanakah dukungan para tifosi bakal dialihkan? Fans Rossi menyatakan akan tetap menyiapkan 20 ribu bendera untuk mendukung kesembuhan sang legenda. Namun, dukungan di sirkuit kemungkinn­an besar bakal beralih ke Andrea Dovizioso.

Satu- satunya pembalap Italia yang kini berada di dalam peta persaingan perebutan gelar juara MotoGP adalah Dovi. Dialah pembalap Italia yang akhir pekan ini membalap di wilayah Italia dan mengendara­i motor pabrikan Italia. Ya, markas Ducati di Borgo Panigale tak jauh dari Sirkuit Marco Simoncelli.

Di Mugello, Italia, Mei lalu Dovi merengkuh kemenangan pertamanya musim ini. Kemenangan bersejarah karena rekor serba Italia. Lebih gemilang lagi karena di seri berikutnya, MotoGP Catalunia, Dovi menang lagi. Back-to-back.

Akhir pekan ini, rider 31 tahun tersebut akan berjuang untuk menggandak­an kemenangan­nya di tanah Italia. Jika itu berhasil, Dovi bakal mencatat hat-trick kemenangan musim ini. Dua kemenangan back-toback keduanya tahun ini baru saja diraih Austria dan Inggris dua pekan lalu.

Posisi Dovi semakin kuat karena rekan satu timnya, Jorge Lorenzo, menyatakan bersedia membantu jika diperlukan untuk melapangka­n jalan menuju gelar juara dunia MotoGP pertama bagi Ducati sejak 2007. (cak/c21/ady)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia