Jawa Pos

Buka Peluang Kuliah 85 Atlet

-

SURABAYA – Menjadi atlet bukan alasan untuk tidak bisa berpendidi­kan tinggi. Saat ini sudah banyak program yang memudahkan mereka untuk tetap bisa mengenyam bangku kuliah. Salah satunya beasiswa studi di perguruan tinggi.

Sebut saja Universita­s dr Soetomo (Unitomo). Pada tahun akademik baru ini, Unitomo memberikan beasiswa kepada 85 atlet dari berbagai cabang olahraga. Ada atlet dari cabor ski air, sepak bola, badminton, tenis meja, dan tarung drajat. Nama-nama atlet terkenal juga masuk di dalamnya. Antara lain Evan Dimas, Satria Tama Hardianto, dan Muhammad Zahidi Putu Pranoto.

Rektor Unitomo Dr Bachrul Amiq menuturkan, para atlet diberi kebebasan untuk memilih jurusan sesuai bidang yang diminati.

Lebih lanjut Amiq memaparkan, prestasi internasio­nal mendapatka­n potongan tertinggi, mencapai 85 persen. Sementara itu, atlet dengan prestasi nasional mendapatka­n potongan biaya 70 persen. Adapun potongan biaya kuliah untuk atlet dengan prestasi provinsi 55 persen dan regional 40 persen. ”Kenapa masih berbayar? Agar mereka mempunyai tanggung jawab terhadap studi,” terang Amiq.

Unitomo juga menerapkan peraturan lain. Beasiswa diberikan kepada atlet selama satu tahun. Jika dalam waktu itu dia berprestas­i lagi, beasiswany­a diperpanja­ng. Jika tidak ada prestasi, beasiswa dicabut.

Sementara itu, Muhammad Zahidi Putu Pranoto mengaku bersyukur dengan beasiswa tersebut. Atlet ski air yang baru saja menyumbang­kan emas dalam SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, itu mengaku tak akan menyia-nyiakan kesempatan. ”Jadi semangat untuk sekolah, bisa punya ijazah S-1,” tuturnya.

Pria kelahiran Surabaya, 5 Juni 1990, itu mengambil jurusan administra­si negara seperti Evan Dimas. ”Nanti jadwalnya disesuaika­n antara kuliah dan latihan,” ucap dia. (ant/c11/nda)

 ?? ANTIN IRSANTI/JAWA POS ?? SEMANGAT: Rektor Unitomo Bachrul Amiq (tiga dari kiri) menyerahka­n beasiswa kepada para atlet kemarin.
ANTIN IRSANTI/JAWA POS SEMANGAT: Rektor Unitomo Bachrul Amiq (tiga dari kiri) menyerahka­n beasiswa kepada para atlet kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia