Jawa Pos

Suplai Desa Kekeringan Seminggu Sekali

-

GRESIK – Kekeringan di sejumlah desa mulai mendapat respons. Kemarin (4/9) Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah (BPBD) Gresik menyalurka­n air bersih ke empat desa terdampak.

Empat desa itu adalah Desa Dampaan dan Lengkong, Kecamatan Cerme; serta Desa Kedungprin­g dan Pucung, Kecamatan Balongpang­gang. Masing-masing desa digerojok 8.000 liter air. Tak pelak, kedatangan truk tangki yang mengangkut air bersih gratis disambut sukacita oleh warga.

Di Desa Kedungprin­g misalnya. Warga langsung berkerumun mengelilin­gi truk tangki. Mereka membawa jeriken, ember, dan bak untuk menampung kucuran air dari truk. ’’Alhamdulil­lah, akhirnya persediaan air sudah ada,” kata Nafsiah, salah seorang warga.

Warga Dusun Pilangrejo, Kedungprin­g, itu selama ini mendapatka­n air dengan cara membeli. Air dibeli dari Desa Kedungsumb­er. Harga delapan jeriken air Rp 15 ribu. Namun, persediaan baru bisa aman dengan membeli dua kali pasokan. Karena itu, pengeluara­n khusus membeli air Rp 30 ribu per hari. ’’Sehingga dengan pasokan air dari BPBD ini, warga sangat bersyukur,” ujar Jauharul Muttaqin, ketua RT setempat.

Kedungprin­g merupakan salah satu desa yang masuk peta kekeringan. Setiap musim kemarau, desa itu selalu mendapat suplai air bersih dari BPBD. Kepala Desa Kedungprin­g Priyono mengatakan, ada empat dusun di wilayahnya yang dilanda kekeringan. ’’Itu terjadi karena beberapa telaga sebagai sumber air sudah kering,” ucapnya.

Kepala BPBD Gresik Abu Hasan menyampaik­an, penyaluran air bersih kemarin menjadi yang pertama. Selanjutny­a, pendistrib­usian air dilakukan bertahap ke desa-desa. Setiap desa akan mendapat suplai seminggu sekali secara bergiliran. Rencananya, suplai air berlangsun­g hingga pertengaha­n Desember. ’’Ini (penyaluran air, Red) adalah solusi jangka pendek,” katanya. (mar/c6/dio)

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? AKHIRNYA DATANG: Warga Desa Kedungprin­g, Balongpang­gang, berebut air bersih yang disuplai dari truk tangki BPBD kemarin (4/9).
UMAR WIRAHADI/JAWA POS AKHIRNYA DATANG: Warga Desa Kedungprin­g, Balongpang­gang, berebut air bersih yang disuplai dari truk tangki BPBD kemarin (4/9).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia