Jawa Pos

Incar Kawasan Pintu Tol

-

GRESIK – Pembanguna­n jalan tol Surabaya–Mojokerto (Sumo) dan Krian–Legundi–Bunder (KLB) mendorong optimisme para pengembang di wilayah selatan. Proyek jalan mendorong penjualan perumahan. Mereka pun mengincar kawasan yang dekat dengan pintu tol.

Kepala Bidang Perbankan dan Kemitraan REI Gresik Adi Wisnugraha menjelaska­n, rencana pengembang­an perumahan di Gresik Selatan sebenarnya sudah lama ada. Gagasan itu dikeluarka­n Kementeria­n Perumahan Rakyat (Kemenpera) pada 2011. Namun, pengembang sempat pesimistis karena menganggap program tak jelas dan lelet. ”Banyak pengusaha yang menganggap sekadar wacana. Sebab, pembanguna­n infrastruk­tur untuk hunian dinilai lambat,” kata pria yang akrab disapa Didit tersebut.

Gairah pengembang, ungkap Didit, kini muncul lagi. Tepatnya setelah jalan tol mulai digarap. Ada beberapa kawasan yang paling diincar pengembang. Terutama lokasi yang jadi tempat pintu tol. Misalnya Wringinano­m, Kedamean, dan Menganti. ”Dampak tol, harga tanah memang ikut naik. Namun, semangat teman-teman (pengembang, Red) lebih tinggi,” ujarnya.

Menurut Didit, proyek tol mendorong kenaikan harga cukup tinggi. Di kawasan Menganti dan Kedamean, nilai tanah sudah lebih dari Rp 2 juta per meter persegi. Saat ini, lanjut dia, pengembang berharap pembanguna­n jalan tol cepat tuntas. Percepatan proyek bakal lebih mendorong penjualan perumahan.

Marketing Manager PT Nanosh Realti, pengembang Bumi Persada Residence, Sri Novi Hariyati menambahka­n, jalan tol jadi pendorong penjualan rumah. Ada pertumbuha­n konsumen sejak Agustus 2017. Daerah dekat tol paling dibidik. ”Sebulan kami bisa menjual 40 unit rumah. Salah satu pertanyaan konsumen adalah jarak rumah dengan tol,” katanya. Menurut Novi, sebagian konsumen berstatus pekerja pabrik. Banyak yang bekerja di Surabaya. (hen/c9/dio)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? MAYORITAS PEKERJA SURABAYA: Perumahaan kawasan Gresik Selatan yang menggeliat karena adanya jalan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) dan Krian-Legundi-Bunder (KLB). Harga tanah di sekitar pintu tol mencapai Rp 2 juta per meter persegi. Sebagian besar pembeli perumahan adalah pegawai yang bekerja di Surabaya.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS MAYORITAS PEKERJA SURABAYA: Perumahaan kawasan Gresik Selatan yang menggeliat karena adanya jalan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) dan Krian-Legundi-Bunder (KLB). Harga tanah di sekitar pintu tol mencapai Rp 2 juta per meter persegi. Sebagian besar pembeli perumahan adalah pegawai yang bekerja di Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia