Jawa Pos

Ikat-Lipat Kain Jadi Busana

-

SURABAYA – Kreativita­s ativitas dapat dituangkan pada selembar kain. Membuat selembar kain jadi busana tanpa jahitan.ahitan. Hanya dengan melipat, lalu mengikat.kat. Desainer Cecilia Widjaja mempraktik­kannyakann­ya pada model Coheby Garwan.

Itu berbeda denganan draping. Kain dibentuk langsung menjadi beberapa jenis busana tanpaa penentuan pola terlebih dahulu. Jenis nis busana yang dimaksud, antara lain, bawahanawa­han (rok), atasan, dan dress. ”Aplikasika­n ikan langsung,” jelas perancang 32 tahunn itu.

Cecilia memberikan n beberapa contoh busana. Mulai tampilan kasualual untuk sehari-hari hingga tampilan yang oke dikenakan untuk pesta. Dia menggunaka­n kain bermotif.

”Kalau mau coba, , ini mudah,” terangnya. Siapa pun dapat mempraktik­kanemprakt­ikkan di rumah. Tidak banyak bahan yang dibutuhkan. Hanya selembar kain yang panjangnya anjangnya sesuai dengan tubuh. Kalau mau lebihih manis, bisa ditambahka­n aksesori. Cecilia lia menggunaka­n kain berwarna kombinasii pink dan ungu. Kain chiffon dengan ukuranan 2,5 x 1,5 meter itu dikreasika­n menjadi i halter neck dress.

Pertama, sisi terpendek ndek kain diikatkan ke bagian pinggang.. Setelah itu, sisi panjang kain ditarik ke arah belakang melalui dua kaki. Cecilia lalu memegang dua titik ujung jung kain. Dia menariknya ke arahh atas sampai ketiak. ”Lalu tarik ke arah depan melalui ketiak,” jelass ibu dua anak itu. Bentuk silang ke arah leher menjadi proses selanjutny­a. njutnya. Pada akhirnya, ikat kuatt di bagian belakang leher. ” Dressress sudah jadi. Anggun kan,” tambahnya.mbahnya. (bri/c6/jan)

 ??  ?? TANPA DIJAHIT: Coheby Garwan mengenakan busana dari selembar kain.
TANPA DIJAHIT: Coheby Garwan mengenakan busana dari selembar kain.
 ??  ?? PRAKTIS: Cecilia Widjaja (kiri) mengaplika­sikan teknik ikat dan lipat kain kepada model Coheby Garwan.
PRAKTIS: Cecilia Widjaja (kiri) mengaplika­sikan teknik ikat dan lipat kain kepada model Coheby Garwan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia