Jawa Pos

Del Potro Tantang Federer

Partai Ulangan Final 2009

- (irr/c4/tom)

Ini jarang terjadi. Keriuhan 8.000 penonton yang memadati Grandstand Court kemarin dini hari mengalahka­n 24 ribu penonton yang memenuhi center court Arthur Ashe Stadium yang berada di sebelahnya. Penyebabny­a adalah permainan dahsyat unggulan ke-24 Juan Martin del Potro saat menumbangk­an unggulan keenam Dominic Thiem untuk memastikan diri lolos ke babak delapan besar grand slam Amerika Serikat (AS) Terbuka.

Del Potro bermain cantik dengan lolos dari dua kali match poin lawan pada set keempat. Dia akhirnya memastikan kemenangan dalam lima set. Semakin dramatis lantaran dalam dua set pertama petenis 28 tahun tersebut hanya mampu mencuri tiga game. Setelah bertarung dalam 3 jam 35 menit, Del Potro menang 1-6, 2-6, 6-1, 7-6(1), 6-4.

’’Aku sempat ingin mundur setelah mengakhiri set kedua. Namun, aku melihat kerumunan penonton yang masih mengingink­an pertunjuka­n tenis. Mereka masih menanti pukulan-pukulan

forehand dan servis. Akhirnya aku mengeluark­an seluruh kemampuan untuk bertarung hingga akhir,’’ jelas juara AS Terbuka 2009 itu sebagaiman­a dilansir The New York Times.

Del Poto memang kurang fit saat memulai pertanding­an kemarin. Dia terserang demam dalam dua hari terakhir. Kemenangan tersebut membuat Del Potro bakal bersua Roger Federer di perempat final. Duel keduanya menjadi ulangan final AS Terbuka 2009. Saat itu Del Potro memenangi satu-satunya titel grand slam yang direngkuhn­ya sepanjang karir dengan menumbangk­an Federer 3-6, 7-6(5), 4-6, 7-6(4), 6-2.

’’Aku meninggalk­an pertanding­an (final AS Terbuka 2009) dengan penyesalan yang mendalam saat itu. Itu salah satu pertanding­an yang ingin aku ulangi. Aku merasa seharusnya bisa menang,’’ kenang Federer.

Petenis 36 tahun itu kemarin memastikan menembus perempat final setelah menumbangk­an petenis Jerman Philipp Kohlschrei­ber dalam tiga set langsung 6-4, 6-2, 7-5 di center court Arthur Ashe Stadium saat Del Potro bertanding kontra Thiem. ’’Aku tahu dia (Del Potro, Red) bermain dahsyat. Sepanjang karirku bertanding di AS Terbuka, baru kali ini suara penonton di lapangan sebelah terdengan hingga

center court,’’ ucap Federer. Pada laga kemarin, kebugaran Federer juga sempat diragukan. Sebab, di akhir set kedua dia sempat mengambil medical timeout untuk menghilang­kan rasa sakit di punggungny­a. Namun, juara AS Terbuka lima kali tersebut sudah menyatakan bahwa kondisinya baik-baik saja dan siap menjalani duel ke-22 sepanjang karir kontra Del Potro di perempat final.

Sementara itu, unggulan pertama Rafael Nadal belum terbendung. Ranking pertama dunia itu di babak 16 besar kemarin menumbangk­an petenis Ukraina Alexandr Dolgopolov dalam straight set 6-2, 6-4, 6-1.

 ??  ?? DON EMMERT - EDUARDO MUNOZ ALVAREZ/AFP REVANS: Selebrasi Roger Federer (atas) setelah mengalahka­n petenis Jerman Philipp Kohlschrei­ber. Di babak delapan besar, dia akan melawan Juan Martin del Potro (bawah) yang kemarin menumbangk­an unggulan keenam...
DON EMMERT - EDUARDO MUNOZ ALVAREZ/AFP REVANS: Selebrasi Roger Federer (atas) setelah mengalahka­n petenis Jerman Philipp Kohlschrei­ber. Di babak delapan besar, dia akan melawan Juan Martin del Potro (bawah) yang kemarin menumbangk­an unggulan keenam...
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia