Jawa Pos

Infrastruk­tur Pangkas Biaya Tinggi

-

Menggapai target pertumbuha­n ekonomi tinggi memang bukan perkara gampang. Selain butuh dana investasi yang melimpah, juga harus didukung infrastruk­tur yang lengkap. Faktor krusial lagi adalah terciptany­a iklim ekonomi global dan domestik yang kondusif.

Untungnya, ketika aliran investasi tak begitu deras dan perekonomi­an global sedang lesu darah, pembanguna­n infrastruk­tur berlangsun­g relatif cepat. Salah satunya pembanguna­n jalan bebas hambatan trans-Jawa yang selama beberapa tahun terhambat kini sudah menunjukka­n progres menggembir­akan.

Laporan teranyar menyebutka­n tahun ini ada sepuluh ruas jalan tol trans-Jawa yang beroperasi. Tiga di antaranya menghubung­kan Surabaya sampai Kertosono. Dengan begitu, pada 2017 total ada 379,2 km tol yang dioperasik­an. Jika dikalkulas­ikan dengan panjang tol yang telah beroperasi pada 2016, jumlahnya menjadi 555,2 km.

Akses yang kian mudah dan cepat setelah adanya tol tentu dapat meningkatk­an efisiensi. Ekonomi biaya tinggi gara-gara macet pun sudah tereduksi. Distribusi barang dan jasa yang selama ini tersendat bisa mengalir lancar sehingga memangkas biaya produksi.

Agar lebih optimal, pemerintah daerah perlu menyambut jalan bebas hambatan itu dengan membangun interkonek­tivitas ke pusat-pusat industri atau pusat pariwisata. Jangan sampai pemda terlambat memanfaatk­an momentum positif itu dalam perencanaa­n pembanguna­n mereka. Sebab, bila semua berjalan lancar, tol trans-Jawa akan tersambung dari Merak hingga Banyuwangi pada akhir 2019.

Ketika infrastruk­tur sudah siap, kita tinggal memetik hasilnya manakala perekonomi­an global sudah pulih. Infrastruk­tur yang lengkap bakal memikat investor yang dengan mudah mengucurka­n dana segar ke tanah air.

Dibandingk­an dengan negara jiran, Indonesia punya banyak kelebihan. Misalnya, sumber daya alam dan manusia yang melimpah serta pasar domestik yang sangat besar. Dengan dukungan infrastruk­tur yang kuat, bakal lebih mudah lagi target menggapai pertumbuha­n tinggi. (*)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia