Jawa Pos

Produk UMKM Juga Bisa Premium

-

SURABAYA – Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tidak selalu identik dengan pengusaha kelas menengah ke bawah. Produknya tidak melulu dijual dengan harga murah meriah. Pengusaha UMKM juga bisa menghasilk­an produk premium.

Itulah motivasi yang diberikan Dahlan Iskan kepada para pelaku UMKM. Sebanyak 20 pelaku UMKM yang tergabung dalam beberapa organisasi tersebut bertandang ke redaksi Jawa Pos kemarin (6/9). Mereka terdiri atas anggota Ikatan Wanita Perbankan (Iwaba) Wilayah Kediri, Forum Pemberdaya­an Perempuan Indonesia (FPPI) Kediri, Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) Surabaya dan Kediri, serta Asosiasi UMKM Surabaya dan Kediri.

Para pebisnis UMKM membawa serta produk yang mereka pasarkan. Bentuknya beragam. Ada kerajinan tangan berupa manik-manik batu. Sebagian anggota juga membuka usaha yang berkaitan dengan makanan dan minuman. Puluhan botol saus dan jajanan dalam kemasan perak ditampilka­n di meja. Ada pula yang memproduks­i batik tulis. Sebagian produk itu dibeli Dahlan kemarin.

Ketua Iwaba Wilayah Kediri Anita Djoko Raharto adalah salah seorang yang mengajak ibu-ibu pengusaha UMKM tersebut datang ke Surabaya. Selama pertemuan dengan Dahlan Iskan kemarin, mereka banyak berdiskusi tentang produk dan motivasi wirausaha. Rata-rata anggota yang tergabung dalam kumpulan organisasi itu adalah perempuan.

Anita menuturkan, sebagian perempuan tersebut berangkat menjadi pengusaha karena kondisi keluarga. ’’Dulu kali pertama menjadi pelaku UMKM karena suaminya di-PHK. Jadi, para istri harus ikut membantu perekonomi­an keluarga,’’ jelasnya. (deb/c14/sof)

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? BERKELAS: Dahlan Iskan mengamati batik khas Kediri saat ditunjukka­n pelaku UMKM Jawa Timur di Graha Pena kemarin.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS BERKELAS: Dahlan Iskan mengamati batik khas Kediri saat ditunjukka­n pelaku UMKM Jawa Timur di Graha Pena kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia