Jawa Pos

Plt Sekda Batu Meninggal saat Futsal

Alami Serangan Jantung Mendadak

-

BATU – Pemkot Batu berduka. Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Batu Achmad Suparto meninggal kemarin sore (6/9).

Pegawai terbaik Pemkot Batu tersebut mengembusk­an napas terakhir di RS Karsa Husada akibat serangan jantung sewaktu mengikuti pertanding­an futsal di GOR Gajah Mada, Kota Batu.

Parto, panggilan akrabnya, sempat dibawa ke UGD RS Bhayangkar­a Hasta Brata, namun langsung dibawa ke UGD RS Karsa Husada (eks RS Paru). Dia sempat mendapat pemeriksaa­n dokter. Sayang, tidak lama kemudian Parto mengembusk­an napas terakhir di UGD RS Karsa Husada.

’’Beliau masih kondisi bernapas ketika tiba di RS Karsa Husada ini. Namun, menurut dokter, kondisinya sudah sangat kritis. Menurut dokter, penanganan sudah tidak mungkin dilakukan dan tidak berapa lama Pak Parto meninggal,’’ ungkap Chairul Sjarif Tartila, asisten III Pemkot Batu, setelah menjenguk Achmad Suparto di RS Karsa Husada.

Menurut dia, Achmad Suparto memang memiliki riwayat penyakit jantung. Hanya, dia sempat menjalani pemasangan ring jantung. Namun, kapan dan di mana soal pemasangan ring jantung tersebut, tidak ada keterangan secara detail.

Chairul secara pribadi maupun Pemkot Batu sangat terpukul dengan meninggaln­ya Achmad Suparto. Sebagai Plt Sekda, siangnya dia masih menyelesai­kan urusan administra­si di Pemkot Batu.

’’Siang tadi (kemarin) beliau masih banyak menjalanka­n tugasnya, namun sore sudah tidak ada. Kami tentu sangat terpukul. Beliau orang baik,’’ tegas dia.

Achmad Suparto mengalami serangan jantung secara mendadak saat mengikuti pertanding­an futsal di GOR Gajah Mada. Pertanding­an tersebut merupakan trofeo yang diikuti KWB Futsal (tim Achmad Suparto), sekretaria­t dewan (setwan), dan wartawan Kota Batu. Trofeo digelar untuk memeriahka­n DPRD Futsal League yang sudah memasuki babak final di GOR Gajah Mada, Kota Batu, kemarin.

Pada pertanding­an antara KWB Futsal melawan wartawan tersebut sudah memasuki menit ke-15 atau menit-menit akhir. Parto yang masih berada di lapangan tiba-tiba terhuyung dan langsung jatuh ke lantai. Tubuh Parto sempat ditahan M. Dhani Rahman, wartawan Malang Post yang berasal dari tim wartawan. Namun, Dhani tidak kuat menahan tubuh Achmad Suparto sehingga langsung ke lantai GOR yang terbuat dari kayu.

Pemain-pemain futsal yang masih berada di lapangan langsung berteriak meminta pertolonga­n. Tim medis yang semula berada di pinggir lapangan bergerak ke depan gawang tim wartawan. Mereka terus berusaha melakukan pertolonga­n pertama, mulai memaksa membuka mulut hingga memberikan napas bantuan.

Melihat kondisi Parto yang sudah tidak sadarkan diri, tim medis memutuskan membawa dia ke rumah sakit. Namun, nyawa pria yang berdomisil­i di Tlogomas, Kota Malang, itu akhirnya tidak tertolong. (feb/c19/diq)

 ?? RUBIANTO/JAWA POS RADAR MALANG ?? TAK TERTOLONG: Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batu Achmad Suparto diangkat setelah mengalami serangan jantung di GOR Gajah Mada kemarin.
RUBIANTO/JAWA POS RADAR MALANG TAK TERTOLONG: Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batu Achmad Suparto diangkat setelah mengalami serangan jantung di GOR Gajah Mada kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia