Jawa Pos

Stadion Aung San Kurang Layak

-

TUAN rumah Myanmar menyediaka­n dua stadion di Yangon untuk Piala AFF U-18 2017. Yakni, Stadion Aung San dan Stadion Thuwunna. Namun, pembagian jatah dua pertanding­an itu berbeda jauh. Hanya ada lima di antara total 29 pertanding­an yang dimainkan di Aung San.

Padahal, menurut Media Officer Myanmar Football Federation (MFF) Thiha Zaw, sebenarnya dua stadion tersebut digunakan untuk aktivitas timnas. Baik di kelompok usia maupun senior. Tapi, Aung San memang kurang layak untuk laga internasio­nal.

Dibangun pada 1950-an, Aung San menjadi stadion masyarakat Myanmar kala itu. Pada 1961, stadion tersebut menjadi salah satu venue diselengga­rakannya SEA Games. Nama stadion diambil dari nama Jenderal Aung San yang berjasa memperjuan­gkan Myanmar merdeka dari jajahan Inggris.

Sekarang, dalam berbagai hal, Aung San memang kalah ketimbang Thu wun na. ’’ Pada pertengaha­n 1980-an, kami baru mengutamak­an Thuwunna untuk timnas. Areanya juga lebih luas Thuwunna. Selain itu, tempat parkir lebih tersedia di Thu- wunna,’’ kata Thiha.

Di Aung San, fasilitas parkir memang menjadi persoalan. Letaknya berada di pusat kota Yangon yang dikepung dengan berbagai gedung pencakar langit. Jarak gerbang masuk dengan lapangan pun hanya sekitar 100 meter. Selain itu, lampu di stadion tersebut rusak.

’’Karena alasan itulah (lampu rusak, Red), kami hanya memberikan jatah lima pertanding­an. Itu pun diselengga­rakan sore semua,’’ imbuh Thiha.

Soal kapasitas, berdasar beberapa sumber di internet, Aung San bisa menampung 40 ribu penonton. Tapi, dalam match summary laga Malaysia melawan Singapura di Aung San kemarin, tertulis kapasitas hanya 24 ribu.

Thuwunna lebih besar dengan kapasitas mencapai 30 ribu penonton. Secara kasatmata pun, Thuwunna lebih megah dan besar daripada Aung San. Menurut Thiha, kapasitas asli stadion tersebut 24 ribu.

’’Saya tidak tahu dari mana internet mendapatka­n informasi bahwa stadion itu bisa menampung 40 ribu. Lihat saja, di situ tidak ada single seat, kecuali VIP. Itu pun tidak banyak. Di Thuwunna, Anda bisa lihat sendiri semua tempat di tribun terdapat single seat,’’ terang

nya. (*/c22/ham)

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? KURANG SIP: Kondisi Stadion Aung San, Yangon, yang menjadi salah satu venue pada Piala AFF U-18 2017. Hanya lima pertanding­an yang dilaksanak­an di stadion itu.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS KURANG SIP: Kondisi Stadion Aung San, Yangon, yang menjadi salah satu venue pada Piala AFF U-18 2017. Hanya lima pertanding­an yang dilaksanak­an di stadion itu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia