Jawa Pos

Dulu Seminggu, Kini Sehari Beres

Dishub Jatim Luncurkan Layanan SRUT Online

-

SURABAYA - Pengurusan sertifikat registrasi uji tipe (SRUT) selama ini membutuhka­n waktu yang cukup lama. Biaya yang dikeluarka­n pun tak sedikit. Setidaknya, itulah yang dirasakan Donatus Doi, salah seorang pemilik karoseri di Jatim.

SRUT merupakan prasyarat untuk uji kir yang dikeluarka­n oleh Dirjen Perhubunga­n Darat atau Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Bentuknya berupa dokumen legal yang harus diisi oleh pabrikan atau APM (agen pemegang merek) dan ditandatan­gani oleh pejabat terkait di kementeria­n perhubunga­n.

Dulu untuk mengurus SRUT, dia harus bolak-balik Surabaya–Jakarta. Sebab, dokumen SRUT dikeluarka­n langsung oleh Kementeria­n Perhubunga­n (Kemenhub). Donatus harus merogoh kocek untuk biaya transporta­si pulangperg­i dan uang saku selama di Jakarta. Terkadang, dokumen yang dijanjikan rampung 3–4 hari ternyata belum selesai. Proses yang harus dilalui pemohon SRUT bisa memakan waktu seminggu, bahkan lebih.

Itulah yang mendorong Dinas Perhubunga­n (Dishub) Jatim menyediaka­n layanan SRUT dalam bentuk online dan terintegra­si. Dishub meluncurka­n secara resmi layanan tersebut di Hotel Bhumi Surabaya kemarin (6/9).

Layanan SRUT online sebenarnya diluncurka­n Kemenhub sejak Mei 2016. Aplikasi itu diberi nama Vehicle Type Approval (VTA) yang bisa menerbitka­n dan mencetak SRUT dalam waktu singkat. Proses yang awalnya memakan waktu sebulan kini menjadi seminggu. Namun, proses tersebut ternyata belum mempermuda­h pemohon. Sebab, mereka tetap harus ke Kemenhub untuk mengambil SRUT.

Lewat layanan SRUT online yang dikembangk­an Dishub Jatim, pemprov menjamin bahwa SRUT lebih mudah diambil. Pemilik kendaraan semakin mudah dalam meng- input berkas administra­si. Data-data yang diperlukan dapat dikirim ke dishub dan Kemenhub via online. Untuk sementara, pengambila­n SRUT yang sudah jadi tetap manual. Namun, Dishub Jatim siap memfasilit­asi pengambila­n agar pemilik kendaraan cukup menunggu di tempat.

Donatus sebagai pemilik kendaraan mengapresi­asi pengembang­an SRUT online tersebut. ”Lebih efisien waktu, biaya, dan tenaga,” ujarnya. Dia menambahka­n, masih ada hal yang perlu ditingkatk­an. Donatus berharap SRUT bisa secepatnya diterima di tempat. Artinya, pemilik kendaraan tidak lagi perlu mondar-mandir ke kantor Kemenhub atau dishub. ”Mudah-mudahan terealisas­i secepatnya sesuai rencana yang disampaika­n,” tambahnya.

Kepala Dishub Jatim Wahid Wahyudi menyebutka­n, layanan online itu diharapkan bisa memenuhi prinsip pelayanan publik. ”Pengurusan SRUT bisa menjadi cepat, tepat waktu, murah, dan terjangkau oleh pemohon,” jelasnya kemarin. Kelebihan layanan tersebut, lanjut dia, pemilik kendaraan bisa memantau sampai di mana proses pengurusan SRUT.

Layanan SRUT online juga memberikan tupoksi yang lebih jelas bagi dishub provinsi. Selama ini, pengurusan uji kir menjadi tanggung jawab dishub kabupaten/kota. Sementara itu, pengurusan rancang bangun dan SRUT masuk wilayah Kemenhub. ”Provinsi tadinya tidak memiliki peran,” katanya. Dengan SRUT online, dishub provinsi kini bertanggun­g jawab memfasilit­asi pengajuan SRUT serta pengecekan kendaraan. ”Ada peran di aspek keselamata­n kendaraan,” imbuhnya.

Selain memangkas waktu, layanan SRUT online meningkatk­an partisipas­i pemilik kendaraan dalam uji tipe. Berdasar data dishub, Jatim memiliki 118 perusahaan karoseri. Namun, yang aktif dalam pengajuan SRUT saat ini hanya 80 perusahaan. Dari 80 perusahaan itu saja, Kemenhub menerima pengajuan SRUT sebanyak 1.600 kendaraan setiap bulan. ”Itu hanya dari Jatim. Belum dari provinsi di seluruh Indonesia,” paparnya.

Direktur Sarana Perhubunga­n Darat Kemenhub Eddy Gunawan mengungkap­kan bahwa SRUT Online Dishub Jatim akan menjadi pilot project dan dikembangk­an di seluruh Indonesia. Tinggal bagaimana mempersiap­kan sumber daya manusia yang bisa menjalanka­n pelayanan online tersebut dengan maksimal. (deb/c16/oni)

 ??  ?? LEBIH EFISIEN: Petugas Dishub Jatim menunjukka­n cara kerja layanan SRUT online. DEBORA DANISA SITANGGANG/JAWA POS
LEBIH EFISIEN: Petugas Dishub Jatim menunjukka­n cara kerja layanan SRUT online. DEBORA DANISA SITANGGANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia