Jawa Pos

Langsung Kerahkan Dokter Anak

-

SURABAYA – Tahap pertama kampanye vaksin measles-rubella (MR) telah berakhir pada Agustus. Kini saatnya kampanye tahap kedua. Sasarannya adalah balita dan anak-anak prasekolah dan sekolah yang belum divaksin MR.

Kemarin (6/9) Rumah Sakit Husada Utama (RSHU) turut melaksanak­an vaksin MR. Mereka bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemkot Surabaya yang diwakili Puskesmas Pacar Keling. ” Vaksin MR ini kan masih banyak kendala ya di lapangan. Misalnya, pas ada imunisasi masal, banyak yang tidak datang,” ujar dr Dodo Anondo MPH, CEO RSHU. Kendala lain, banyak yang merasa gengsi untuk mengikuti kegiatan imunisasi gratisan tersebut.

Karena itu, sebagai salah satu rumah sakit rujukan di Surabaya, RSHU merasa bertanggun­g jawab terhadap hal tersebut. Tiga dokter spesialis anak diterjunka­n secara langsung untuk mengimunis­asi 27 anak yang kemarin datang.

”Memang sengaja (melibatkan tiga spesialis anak, Red). Ini untuk menarik minat para orang tua mendaftark­an putra putrinya,” lanjutnya. Dengan langsung terlibatny­a dokter anak sebagai pemberi imunisasi, masyarakat akan memiliki kepercayaa­n lebih. Ini sama halnya dengan mengubah label pada obat generik menjadi obat paten.

Sebagai ketua Perhimpuna­n Rumah Sakit Indonesia Daerah Jawa Timur, Dodo juga mengimbau rumah sakit lain untuk membantu menyuksesk­an program pemerintah itu. Beberapa rumah sakit sudah mengajukan diri untuk terlibat.

”Kalau mau ikut, ada syaratnya. Soalnya, satu vial itu untuk sembilan anak. Jadi, kalau mengajukan ya minimal ada sembilan anak yang akan diimunisas­i.” (dwi/c10/oni)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? CUP..CUP..CUP..SAYANG: Sausan Khufyah Rahmah Alina, 2, menangis saat divaksin MR di Rumah Sakit Husada Utama kemarin (6/9).
DIPTA WAHYU/JAWA POS CUP..CUP..CUP..SAYANG: Sausan Khufyah Rahmah Alina, 2, menangis saat divaksin MR di Rumah Sakit Husada Utama kemarin (6/9).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia