Jawa Pos

Militer Filipina Kehabisan Dana Perangi Maute

-

MANILA – Memerangi kelompok militan Maute di Marawi, Filipina, tidak hanya menguras banyak tenaga, tapi juga biaya. Sejak perang terjadi akhir Mei lalu, militer Filipina (AFP) menghabisk­an anggaran Philippine Peso (PHP) 3 miliar (sekitar Rp 777,9 miliar). Padahal, perang di kota yang mayoritas pendudukny­a muslim itu belum selesai. Kemarin (8/9) Departemen Pertahanan meminta tambahan dana PHP 1 miliar (Rp 259,2 miliar) ke Kongres.

Brigjen Restituto Padilla, juru bicara AFP, mengungkap­kan, dana habis terpakai untuk membeli amunisi, bahan bakar, dan berbagai keperluan lainnya selama perang berlangsun­g. AFP memang mengerahka­n ribuan tentara ke ibu kota Provinsi Lanao del Sur tersebut. Belum lagi helikopter tempur yang hampir setiap hari menjatuhka­n bom di tempattemp­at persembuny­ian militan pendukung Islamic State (IS) alias ISIS itu. Semuanya butuh biaya yang besar.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte dua pekan lalu mengungkap­kan, perang di Marawi sudah sampai tahap akhir. Tapi, hingga kemarin, belum ada tanda-tanda pertempura­n bakal selesai. Maute masih terus memberikan perlawanan sengit. Biaya untuk perang pun terus mengucur setiap hari.

”Karena itu, pemerintah menganggap sudah sepantasny­a memberikan tambahan dana ke AFP untuk mencukupi kebutuhan menyelesai­kan pertempura­n tersebut,” tegas Padilla mengenai persetujua­n pemerintah untuk mengajukan dana ke Kongres.

Hingga kemarin, perang di Marawi berlangsun­g 109 hari. Selama itu, 843 orang telah tewas. Perinciann­ya, 653 militan, 145 tentara dan polisi, serta 45 penduduk sipil. Sekitar 500 ribu penduduk Marawi kini harus mengungsi. (AFP/Philstar/sha/c22/any)

 ?? ROMEO RANOCO/REUTERS ?? JANGAN REWEL, YA: Tentara perempuan Filipina menggendon­g anak-anak pengungsi dari Kota Marawi di Balo-i, Provinsi Lanao del Norte, Filipina, kemarin.
ROMEO RANOCO/REUTERS JANGAN REWEL, YA: Tentara perempuan Filipina menggendon­g anak-anak pengungsi dari Kota Marawi di Balo-i, Provinsi Lanao del Norte, Filipina, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia