Jawa Pos

Ekspektasi dari Derby

-

BARCELONA – Ousmane Dembele langsung menjadi sorotan pendukung Barcelona. Maklum, dia didatangka­n dengan banderol yang gila-gilaan. Dembele direkrut dari Borussia Dortmund dengan tebusan EUR 145 juta (sekitar Rp 2,3 triliun). Harga sebesar itu langsung mencatatka­n nama Dembele sebagai amunisi termahal Barca, sebutan Barcelona.

Nah, dengan harga sebesar itu, ekspektasi Barca terhadap Dembele pun juga tinggi. Apalagi, dia sudah diplot sebagai pengganti Neymar Jr yang dilepas ke Paris SaintGerma­in (PSG) dengan mencatat rekor transfer tertinggi di dunia.

Mampukah Dembele menapaktil­asi cerita sukses Neymar? Indikasiny­a bisa dilihat dini hari nanti WIB. Bomber timnas Prancis itu mendapat kesempatan menjalani debut melawan Espanyol dalam lanjutan La Liga. Dembele punya kans untuk menjawab ekspektasi. Selain Espanyol belum pernah menang dalam lima laga terakhir di semua ajang, Derby Catalan itu juga berlangsun­g di Camp Nou.

Ya, Dembele adalah harapan terakhir Barca untuk memenuhi ekspektasi Barcelonis­tas, sebutan fans Barcelona. Pasalnya, dua amunisi baru yang dijajal entrenador Barca Ernesto Valverde, yakni Paulinho dan Gerard Deulofeu, belum memuaskan. Valverde pun menaruh harapan yang sama terhadap Dembele. ”Dia (Dembele) adalah pemain yang bisa memberikan kedalaman di skuad kami, sesuatu yang telah hilang dan kami butuhkan,” ucap Valverde kepada Marca.

Tapi, belum sepekan bergabung dengan Barca, Dembele sudah membuat Valverde sewot. Sebab, fisik bomber 20 tahun tersebut masih terlihat kedodoran.

Itu merupakan imbas saat dia masih berkostum Borussia Dortmund awal musim ini. Sebagaiman­a diketahui, Dembele sempat

ngambek lantaran keinginana­nnya untuk hijrah ke Barca tidak direstui manajemen tim berjuluk Die Borussen tersebut.

Meski begitu, kans Dembele untuk melakoni debut melawan Espanyol sangat terbuka. Baik sebagai starter maupun dari bangku cadangan. Jika Dembele bermain, Barca bisa kembali memainkan formasi favoritnya 4-3-3. Sebab, saat menang 2-0 atas Alaves (26/8), Valverde memainkan n 4-2-3-1. ”Kami sangat berbeda,” ucap Demm bele mengenai sosoknya yang dibandingk­an dengan Neymar. ” Tujuan utama saya a bergabung dengan Barcelona adalah bisa menjadi pemain yang lebih baik dari sebelumnya,” sambungnya.

Kehadiran Dembele sekaligus menambal celah Barca yang mungkin tak bisa menurunkan Ivan Rakitic. Gelandang timnas Kroasia itu tidak hanya absen melawan Espanyol, tapi juga saat Barca melawan Juventus di Liga Champions pekan depan (13/9).

Di kubu Espanyol, pelatih Quique Sanchez Flores tetap mewaspadai ancaman Dembele. Apalagi, Espanyol sudah merasakan pengaruh Dembele saat uji coba melawan Dortmund (28/7).

” Dia ( Dembele) sangat cepat dan skillful. Kami tahu betapa sulitnya menghadapi Barcelona dan kami berharap bisa bertahan di laga besok (dini hari nanti, Red),” ucap pelatih 52 tahun itu kepada Sport.

Espanyol makin sulit membendung Barca, lantaran sejumlah amunisi harus menepi. Nama-nama seperti Oscar Duarte, Javi Lopez, Jairo Morillas dan Adrian Lopez bakal menjadi penonton, karena masih dalam proses pemulihan cedera. (io/c10/bas)

 ??  ?? AJANG PEMBUKTIAN: Ousmane Dembele saat diperkenal­kan sebagai pemain baru Barcelona di Camp Nou pada 28 Agustus lalu.
AJANG PEMBUKTIAN: Ousmane Dembele saat diperkenal­kan sebagai pemain baru Barcelona di Camp Nou pada 28 Agustus lalu.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia