Jawa Pos

Intip Lawan agar Menang

-

YANGON – Jeda waktu pertanding­an selama Piala AFF U-18 2017 di Myanmar yang begitu pendek membuat pelatih timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri berupaya tidak memberikan beban latihan yang berat. Mereka akan bertanding dengan Vietnam (11/9) di Stadion Thuwunna, Yangon.

Karena itu, kemarin porsi latihan tidak berat. Rachmat Irianto dkk tidak berlatih di lapangan. Lokasi latihan berada di Olympic Hotel. Hanya latihan ringan dan senam santai. Latihan tersebut lebih ditekankan untuk

recovery kebugaran para pemain setelah menang 9-0 atas Filipina (7/9).

Kendati demikian, Indra telah menyiapkan tiga sesi latihan game untuk menyongson­g pertanding­an melawan Vietnam. Sebelum itu, staf pelatih lebih menekankan untuk lebih dulu melakukan evaluasi dua pertanding­an sebelumnya, yaitu ketika menang atas Myanmar 2-1 (5/9) dan melibas Filipina 9-0 (7/9).

Indra mengingink­an kesalahan pemain dalam dua laga sebelumnya diperbaiki lebih dulu. ”Kami selalu berusaha menurunkan susunan pemain yang berbeda di setiap laga. Kami perlu mengetahui dulu kekurangan tim ini. Pembenahan harus segera dilakukan karena turnamen ini tidak lama,” tutur mantan pelatih Bali United itu.

Selain menyiapkan program latihan untuk para pemainnya, hari ini dia akan memantau pertanding­an Vietnam melawan Filipina di Stadion Thuwunna, Yangon. Dengan begitu, dia punya bahan untuk mempersiap­kan tim melawan Vietnam.

Penyebabny­a, kalau bisa menang atas Vietnam, Indonesia bisa lebih tenang dalam pertanding­an terakhir melawan Brunei Darussalam (13/9). Selain lebih aman menuju semifinal, hal itu membuat Garuda Nusantara –julukan timnas U-19– berpotensi sapu bersih kemenangan di grup B. ”Saya ingin terus memantau kekuatan setiap tim kelompok usia di Asia Tenggara. Itu akan memudahkan jajaran pelatih untuk menentukan daftar pemain yang akan diturunkan di pertanding­an,” imbuh pelatih asal Sumatera Barat tersebut.

Sementara itu, kemarin merupakan hari yang istimewa bagi striker Hanis Saghara Putra. Tepat 8 September, pemain asal Bojonegoro tersebut berulang tahun ke-18. Dalam sarapan pagi bersama, dia mendapatka­n kejutan dari seluruh tim. Semua mendatangi­nya dengan membawa roti beserta lilin.

Di tengah perjuangan­nya bersama timnas U-19, Hanis meraih hasil terbaik bersama tim. Dukungan dari suporter timnas Indonesia akan sangat berarti bagi perjuangan timnas dalam mengarungi Piala AFF U-18 2017. ”Kami butuh dukungan mereka. Tanpa mereka, kami bukanlah apa-apa. Semoga kami bisa membawa nama baik Indonesia,” harapnya. (*/c25/ham)

 ?? GRAFIS: ANDREW/JAWA POS ??
GRAFIS: ANDREW/JAWA POS
 ?? DIKA KAWENGIAN/ KAWENGIAN/JAWA JAWA POS ?? DDAMAI: Para pemain timnas U-19 Indonesia menjalani latihan ringan di halaman Olympic Hotel, Yangon, kemarin.(foto atas). Skuad timnas U-19 Indonesia salat Jumat bersama warga muslim lainnya di Masjid Al- Muhajirin di arena Indonesia Internatio­nal...
DIKA KAWENGIAN/ KAWENGIAN/JAWA JAWA POS DDAMAI: Para pemain timnas U-19 Indonesia menjalani latihan ringan di halaman Olympic Hotel, Yangon, kemarin.(foto atas). Skuad timnas U-19 Indonesia salat Jumat bersama warga muslim lainnya di Masjid Al- Muhajirin di arena Indonesia Internatio­nal...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia