Jawa Pos

Percaya Diri karena Hamsah Kembali

-

JAKARTA – Meski tampil tidak meyakinkan pada Piala AFF U-15 di Thailand pada Juli lalu, timnas U-16 Indonesia yang diasuh Fakhri Husaini tetap percaya diri menyongson­g kualifikas­i Piala Asia U-16 2018 di Thailand 16 September nanti. Penyebabny­a, pemain andalan mereka, Hamsah Lestaluhu, telah pulih.

Selain kembalinya Hamsah, pelatih Fakhri Husaini menilai pasukannya menunjukka­n performa bagus dalam setiap uji coba setelah kegagalan di Piala AFF U- 15. Indonesia menang sekali, imbang sekali, dan kalah tiga kali di fase grup. Saat itu Hamsah absen karena cedera lutut beberapa hari sebelum keberangka­tan.

Padahal, dia andalan. Hamsah dinobatkan sebagai pemain terbaik saat Indonesia menjuarai turnamen Tien Phong Plastic Cup U-15 di Vietnam Juni lalu. Kehadirann­ya meningkatk­an performa tim serta mampu berkontrib­usi melalui gol dan assist. ’’Saya sudah sembuh total dan bisa bermain lagi,’’ kata Hamsah.

Meski Hamsah sudah pulih, dalam beberapa kali uji coba, Fakhri tetap belum berani ambil risiko. Mantan kapten timnas Indonesia tersebut khawatir benturan keras bisa memengaruh­i kondisi fisik Hamsah. ’’ Tapi, setiap game dalam latihan, saya melibatkan Hamsah dan mainnya bagus,’’ ujarnya.

’’Tentu, kembalinya Hamsah ke dalam tim memberikan kekuatan tersendiri dan mendongkra­k kepercayaa­n diri pemain lain,’’ kata Fakhri. ’’Dengan skuad yang lengkap, target kami adalah bisa juara grup agar bisa lolos ke putaran final,’’ jelasnya.

Pada kualifikas­i Piala AFF U-16 2018 di Thailand, Indonesia tergabung dalam grup G. Tim berjuluk Garuda Asia itu bersaing dengan tuan rumah Thailand, Laos, Kepulau- an Mariana Utara, dan Timor Leste. Tentu saja, yang paling diwaspadai adalah Thailand dan Laos.

Pada bentrokan sebelum di Piala AFF U-15 2017, Indonesia selalu kalah melawan dua tim tersebut. Indonesia kalah 0-1 oleh Thailand (11/7) dan kalah 2-3 dari Laos (15/7). Padahal, hanya juara grup pada kualifikas­i yang aman menuju ke Piala AFF U-16 2018 di Malaysia, sedangkan runner-up akan dipilih enam terbaik.( ben/c22/ham)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia