Jawa Pos

Persela Akhiri Episode Negatif

Persija Patahkan Rekor Mitra Kukar

-

LAMONGAN – Kedatangan Aji Santoso membawa aura positif bagi Persela Lamongan. Meski belum berada di bench, Aji duduk di tribun Stadion Surajaya ketika Persela menjamu Perseru Serui kemarin sore. Hasilnya, tuan rumah menang 1-0 lewat gol Samsul Arif pada menit ke-58.

Kemenangan itu mengakhiri episode buruk Laskar Joko Tingkir –julukan Persela– yang kalah melulu dalam lima laga t e rakhir. Tambahan tiga angka sekaligus menjauhkan Persela dari jeratan degradasi. Mereka berada di peringkat ke-14 dengan meraih 27 poin. Di sisi lain, Perseru tertahan di peringkat ke-16, batas terakhir zona degradasi, dengan mencatatka­n 19 poin.

’’Adanya pelatih baru memang membangkit­kan lagi semangat kami,’’ kata kiper Persela Choirul Huda saat jumpa pers setelah pertanding­an.

Asisten pelatih Persela Ragil Sudirman mengatakan, anak asuhnya cenderung bermain hati-hati di babak pertama. Hal itu, tampaknya, imbas dari lima kelalahan beruntun yang diderita Persela saat melawan Madura United (4/8), PSM Makassar (12/8), Mitra Kukar (21/8), Persija Jakarta (28/8), dan Bali United (3/9). Dalam lima laga tersebut, Persela hanya memasukkan empat gol dan kebobolan 13. ’’Ada rasa takut salah dan takut kalah. Baru babak kedua mainnya enjoy,’’ ungkapnya.

Ragil memuji penampilan Jose Manuel Barbossa. Tidak seperti biasanya yang cenderung lemah dan malas bergerak, kemarin pemain Portugal itu benar-benar menunjukka­n kapasitasn­ya sebagai playmaker. ’’Meski tidak berperan dalam gol, yang jelas dia sudah bisa beradaptas­i dengan baik bersama tim,’’ tegasnya.

Sementara itu, pelatih Perseru Agus Yuwono kecewa berat dengan hasil yang didapat anak asuhnya. Banyak peluang terbuang. ’’Kami akan evaluasi hasil ini,’’ katanya. Itu kekalahan beruntun Perseru yang sebelumnya dipermaluk­an Barito Putera 0-1.

Pada laga yang lain, Persija meraih hasil manis saat bertandang ke markas Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut, Tenggarong. Macan Kemayoran –julukan Persija– menang 2-1, menghadirk­an kekalahan pertama bagi Mitra Kukar di kandang sendiri.

Pelatih Persija Stefano ’’ Teco’’ Cugurra mengatakan, kunci kemenangan timnya adalah persiapan yang matang. ’’Kami memiliki waktu sebelas hari untuk mempersiap­kan tim sebelum laga ini,’’ katanya.

Kekalahan Mitra Kukar menjadi awal yang buruk bagi pelatih baru Yudi Suryata. ’’ Saya sangat sedih karena hasil negatif ini. Kami akan perbaiki kesalahan pada pertanding­an berikutnya,’’ kata pelatih yang sebelumnya didepak oleh Persis Solo itu. (rid/ben/ca)

 ??  ??
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ??
ANGGER BONDAN/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia