Jawa Pos

Peluang Jatim Sandingkan Gelar

-

SURABAYA – Jatim optimistis mampu mengawinka­n dua gelar dalam Kejurnas Basket KU-18. Kemarin, tim basket putra dan putri Jatim memastikan tempat di final kejuaraan tahunan tersebut. Kepastian itu didapat setelah Jatim secara meyakinkan mampu menumbangk­an lawannya di semifinal.

Di sektor putri, Jatim menang 74-67 atas juara grup Y DKI Jakarta. Keunggulan tersebut adalah akhir dari dominasi yang mereka tunjukkan sejak kuarter perdana. Guard Kartika Elysia menjadi bintang dalam laga itu. Total, pemain bernomor punggung 7 tersebut mencetak 27 poin. Hebatnya, 21 poin di antaranya dicetak lewat three point.

’’Hampir semua pemain menjalanka­n instruksi dengan baik. Terutama saat melakukan defense,’’ ungkap pelatih tim putri Jatim Eddy Santoso. Pertahanan yang kuat membuat serangan tim DKI mentah. Hal itu dimanfaatk­an Jatim. Buktinya, Jatim mampu mencuri 30 poin dari proses turnover.

Dalam laga final putri, Jatim akan berhadapan dengan Jawa Barat. Jabar melaju ke final setelah mengalahka­n Jateng 81-60. Eddy mengaku siap melakukan balas dendam. Sebab, pada laga penyisihan grup X, Jatim menelan kekalahan 48-59.

Untuk itu, Eddy bakal melakukan beberapa pembenahan. Di antaranya adalah meningkatk­an level konsentras­i pemain. Menurut dia, defense yang kuat membutuhka­n tingkat konsentras­i yang tinggi. ’’Berkaca dari pertanding­an di penyisihan, secara taktik, kami tetap andalkan defense. Karena itu, kami akan genjot konsentras­i anak-anak supaya fokus. Kami optimistis,’’ terang Eddy.

Dari sektor putra, Jatim melaju ke final setelah menang meyakinkan 53-39 atas Sumatera Utara. Sempat tertinggal 2-12 pada kuarter pertama, Jatim bangkit pada kuarter kedua. Mereka membalikka­n keadaan dengan skor 19-21. ’’Kuncinya ada pada defense kami yang kuat. Kondisi fisik pemain juga bagus,’’ kata pelatih tim putra Jatim Koko Heru Nugroho. Hal itu terlihat dari rebound yang dilakukan Jatim di area pertahanan yang mencapai 36 kali. Bandingkan dengan Sumut yang hanya 26 kali.

Di final, Jatim sudah ditunggu Jateng yang melaju ke final setelah menumbangk­an Sulsel 77-71. Pelatih Jateng Rudi Kurniawan yakin bisa menjungkal­kan Jatim pada laga final. Menurut dia, materi pemain yang dimilikiny­a lebih merata. ’’Kami bisa memainkan 15 pemain dalam satu laga. Sementara Jatim, hanya ada beberapa yang jadi andalan. Itu artinya, kondisi fisik kami bisa lebih bagus,’’ tutur Rudi. (gus/c17/ady)

 ?? ARYA DHITYA/JAWA POS ?? PRODUKTIF: Pemain tim putri Jatim Elysia Kartika melakukan percobaan tiga angka dalam semifinal kemarin.
ARYA DHITYA/JAWA POS PRODUKTIF: Pemain tim putri Jatim Elysia Kartika melakukan percobaan tiga angka dalam semifinal kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia