Jawa Pos

Hari Ini Angliru Tentukan Juara

Thomas De Gendt Menangi Etape 19

-

CORVERA DE ASTURIAS – Etape ke-20 yang berlangsun­g malam ini WIB akan menjadi penentu juara Vuelta a Espana 2017. Akhir stage ini berlangsun­g di Alto de l’Angliru, sebuah tanjakan terkejam di Spanyol.

Tanjakan Alto de l’Angliru merupakan etape pendek yang menjanjika­n lomba yang high speed dan eksplosif. Panjang salah satu tanjakan yang paling ditakuti di Eropa itu 12,9 kilometer dengan kemiringan rata-rata 9,6 persen. Tetapi, lagi-lagi tanjakan tersebut punya bagian-bagian yang miringnya gila, sampai 23,6 persen.

Sebelum sampai di sana, sepanjang 75 kilometer, para pembalap disiksa dengan tiga tanjakan curam. Karena etape terakhir yang berlangsun­g besok di Madrid ’’hanya’’ merupakan parade, siapa pun yang berada di puncak general classifica­tion setelah perlombaan nanti malam adalah juara edisi tahun ini.

Etape ini akan menjadi penentu apakah superstar Team Sky Chris Froome bisa merebut gelar La Vuelta kali pertama dalam kairnya atau tidak. Setelah etape ke19 kemarin, pembalap Britania Raya tersebut masih memuncaki klasemen GC dengan unggul 1 menit 37 detik atas pesaing terdekatny­a, Vincenzo Nibali (Bahrain-Merida).erida).

Selain pecah ah telur di Vuelta, Froome ingin n menahbiska­n diri sebagai pembalap balap pertama yang mampu memenangim­enangi Tour de France dan Vuelta a Espana pada tahun yang samaama sejak pembalap Prancis Bernard nard Hinault melakukan hal ituu 39 tahun silam.

Etape ke-199 tadi malam dimenangi pembalapal­ap Lotto Soudal Thomas De Gendt lewat adu sprint. Itu sekaligus menjadi kemenangan­n etape pertamanya di Vuelta sepanjang panjang karir. ’’Hari ini menjadi capaian tertinggik­u bersama tim,’’ m,’’ ucapnya kepada

(irr/c4/nur)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia