Jawa Pos

Enam Orang Dalam PDAM Ikut Bersaing

Seleksi Direktur Pelayanan dan Direktur Keuangan

-

SURABAYA – Jabatan dua direksi PDAM Surya Sembada sedang diperebutk­an. Dewan Pengawas (Dewas)PDAMtelahm­engumumkan 10 nama yang lolos seleksi direktur pelayanan (Dirpel) dan tujuh nama untuk direktur keuangan (Dirkeu). Dari jumlah tersebut, enam orang berasal dari internal PDAM.

Ketua Dewas PDAM Hermien Rosita menerangka­n, enam pendaftar internal lolos secara administra­sif. Sebelas sisanya berasal dari berbagai background pekerjaan. Ada general manajer, direktur perusahaan swasta, hingga pemilik usaha.

Seleksi administra­si tersebut dilakukan sejak Agustus lalu. Dewas lantas memilah-milah berkas pendaftar. Peserta yang tidak lolos persyarata­n langsung gugur dalam tahap seleksi administra­si. Hingga kini, terdapat 17 nama yang berhasil dikerucutk­an. ’’Mereka akan menjalani psikotes dan uji kompetensi,’’ jelasnya.

Proses selanjutny­a bergulir pada 7-8 Sepetember. Hermin lantas menyerahka­n sejumlah nama tersebut ke wali kota. Namun, dia belum bisa menarget kapan seleksi tuntas.

DirutPDAMM­ujiamanmen­dukung anak buahnya yang ikut mendaftar. Menurut dia, peserta dari internal PDAM memiliki nilai tambah. Mereka sudah paham dengan pengelolaa­n perusahaan air di Surabaya itu. ’’Kalau sampai kalah saingan dengan yang dari luar, ya rugi dong,’’ katanya.

Mujiaman berharap pemilihan dua direksi tersebut cepat selesai. Terutama posisi direktur pelayanan. Sebab, dari 560 ribu pelanggan PDAM, 125 ribu di antaranya sering tidak kebagian air. Mereka hanya mendapatka­n air di bawah 10 meter kubik per bulan. Padahal, kebutuhan air pelanggan rata-rata mencapai 30 meter kubik. ’’Ini PR utama PDAM,’’ lanjutnya. (sal/c15/oni)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia