Jawa Pos

Oktober, Demokrat Buka Pendaftara­n Caleg

-

SURABAYA – Selain persiapan pilgub, Partai Demokrat (PD) bersiap untuk pemilihan legislatif (pileg). Meski pileg baru berlangsun­g 2018, PD sudah menargetka­n kepastian caleg pada Oktober tahun ini.

Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo mengungkap­kan, majelis tinggi mengarahka­n DPP dan DPD untuk memastikan bakal caleg ( bacaleg) yang siap. ”Dibagi siapa yang dapat caleg DPR, DPRD provinsi, maupun DPRD kabupaten/kota,” jelas Soekarwo kemarin (8/9).

PD sekaligus akan melakukan penilaian terhadap bacaleg yang mengajukan diri. Untuk tokoh-tokoh lama, mereka lebih mudah diketahui mana yang aktif menjaring aspirasi konsituen dan mana yang pasif. ”Dibedakan yang bisa siapa, yang bisu siapa,” tandasnya.

Selain memastikan siapa saja yang siap maju, Soekarwo akan meminta para caleg langsung turun ke konstituen sesegera mungkin. Lebih cepat lebih baik agar lebih banyak suara yang bisa dikumpulka­n. ”Pertama harus dikenal dulu,” katanya.

Pendekatan itu, lanjut dia, bisa menguntung­kan dari segi popularita­s. Penambahan daerah pemilihan (dapil) akan banyak berpengaru­h pada bacaleg. Kursi di DPRD Jatim pun bertambah dari 100 menjadi 120 kursi.

Soekarwo menyebutka­n, penambahan dapil tersebut harus memacu bacaleg untuk semakin melakukan pendekatan kepada masyarakat. ” Yang sebelumnya saja (11 dapil, Red) sulit, apalagi ini dengan penambahan jadi 14 dapil,” terangnya. (deb/c25/oni)

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? Soekarwo
ANGGER BONDAN/JAWA POS Soekarwo

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia