Jawa Pos

Tak Hanya Asal Cepat

-

SURABAYA – Pelaksanaa­n sistem SKS (sistem kredit semester) di SMAN 2 mulai berjalan. Kendati memungkink­an seorang siswa bisa lulus lebih cepat, pihak sekolah menyatakan sistem tersebut bakal diberlakuk­an dengan ketat.

Hal itu diungkapka­n Jonny Sucahyono, penanggung jawab sekolah rujukan SMAN 2. Dia menegaskan, SKS merupakan salah satu program unggulan sekolah rujukan. Karena itu, siswa tidak bisa asal menyelesai­kan unit kegiatan belajar mandiri (UKBM). Memang, pelaksanaa­n SKS berbasis pada penuntasan UKBM oleh siswa. Yang mampu menyelesai­kan UKBM dengan cepat tentu bisa lulus lebih cepat.

Meski demikian, kata Jonny, untuk berganti ke UKBM, siswa harus melewati tes formatif. Tes tersebut tidak sekadar menguji penguasaan materi, tetapi sekaligus menjadi penentu apakah siswa tergolong cepat, biasa, atau lambat. ’’Sistemnya, satu UKBM satu tes formatif,’’ ujarnya.

Dengan kata lain, setelah menuntaska­n UKBM, siswa harus menjalani tes formatif. Barulah mereka boleh mengerjaka­n UKBM selanjutny­a.

Namun, untuk menjalani tes formatif, siswa harus diuji lisan lebih dahulu. Hal itu, jelas Jonny, ditujukan untuk mengetahui pemahaman siswa. ’’Tidak asal selesai terus dikasih lagi UKBM,’’ jelas guru kimia itu. Setelah dirasa mampu lewat tes lisan, siswa boleh mengikuti tes formatif tertulis. Biasanya, tes mengandung soal hot.

Jonny menerangka­n, soal hot adalah jenis soal yang menuntut penalaran serta pemahaman konsep materi yang mendalam. Biasanya, lanjut dia, soal tersebut membutuhka­n tiga macam penyelesai­an atau mengandung unsur jawaban yang prediktif. Karena itu, siswa bisa berpikir tentang proyeksi ke depan atas sebuah permasalah­an.

Tes formatif dengan soal yang tidak biasa itu, menurut Jonny, bisa mengategor­ikan apakah siswa unggul dalam memahami materi atau tidak. Karena itu, tidak sembarang siswa bisa difasilita­si untuk layanan percepatan tersebut. ’’Kalau lulus, ya lanjut. Kalau gagal, ya berarti dia tergolong biasa. Jangan dipaksa,’’ ujarnya.

Saat ini, untuk 10 UKBM dalam mapel kimia, Jonny menyatakan sudah ada yang mencapai UKBM 3. (kik/c5/ano)

 ?? ANTIN IRSANTI/JAWA POS ?? BARU: Inilah buku pelajaran dalam sistem SKS di SMAN 2.
ANTIN IRSANTI/JAWA POS BARU: Inilah buku pelajaran dalam sistem SKS di SMAN 2.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia