Jawa Pos

Akhirnya Bangun Command Center

-

SIDOARJO – Perkembang­an Kota Delta menuntut pemkab untuk bertindak cepat dan inovatif dalam hal pelayanan. Saat ini pemkab bersiap meluncurka­n layanan

command center. Lokasinya persis di sebelah Pendapa Delta Wibawa. Pemkab tidak membangun gedung baru. Namun, mengoptima­lkan bangunan lama. Anggaran yang disiapkan Rp 1,9 miliar.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Pemkab Sidoarjo Siswojo menyatakan, konsep command center sudah dirancang. ” Command center nanti menempati gedung Komda Lansia (Komisi Daerah Lanjut Usia). Lalu, Komda Lansia dipindahka­n ke GOR Delta,” katanya kemarin.

Command center akan disulap menjadi pusat kendali. Sejumlah fasilitas sudah disiapkan. Di antaranya, video conference, wireless presentati­on, sound system, meja dan ruang rapat plus komputer, dan AC. ”Kami bangun setelah Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2017 digedok,” jelas mantan kepala badan lingkungan hidup (BLH) itu.

Siswojo menyatakan, pembanguna­n command center dipastikan berlangsun­g cepat. Sebab, seluruh fasilitas di gedung seperti komputer dan video conference dipesan lewat e-catalog. ”Kami targetkan akhir tahun sudah bisa difungsika­n,” ungkapnya.

Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Diskominfo Sidoarjo Eri Sudewo menambahka­n, ada sejumlah fungsi command center. Misalnya, mengamati kondisi lalu lintas di seluruh wilayah. Untuk itu, pemkab akan memasang sejumlah closed circuit television (CCTV).

Command center, lanjut dia, juga berfungsi sebagai tempat pengambila­n kebijakan. Sebab, data-data dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) akan dikirim ke command center. ”Data-data itu dibutuhkan dalam pengambila­n kebijakan,” ujarnya. (aph/c6/hud)

 ?? M. SALSABYL ADN/JAWA POS ?? PENGENALAN: Ratusan mahasiswa baru Umaha Sidoarjo menjalani masa orientasi hingga Minggu (10/9).
M. SALSABYL ADN/JAWA POS PENGENALAN: Ratusan mahasiswa baru Umaha Sidoarjo menjalani masa orientasi hingga Minggu (10/9).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia