Jawa Pos

Bandara Blimbingsa­ri Ditangani AP

-

BANYUWANGI – Sinergi pengelolaa­n Bandara Blimbingsa­ri antara Pemkab Banyuwangi dan PT Angkasa Pura (AP) II resmi dimulai. Itu ditandai dengan penandatan­ganan nota kesepahama­n ( memorandum of under

standing/ MoU) oleh Bupati Abdullah Azwar Anas dengan Direktur Komersial PT AP II Daan Ahmad di terminal baru Bandara Blimbingsa­ri Jumat sore (8/9).

Penandatan­ganan yang dilakukan seusai peresmian penerbanga­n langsung Garuda Indonesia rute Jakarta–Banyuwangi pergipulan­g (PP) tersebut disaksikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan Kepala Bandara Blimbingsa­ri Dodi Dharma Cahyadi. Sebelumnya, Dirjen Perhubunga­n Udara Kementeria­n Perhubunga­n (Kemenhub) Agus Santoso dan Direktur Navigasi Penerbanga­n Kemenhub Yudhisari ikut memberangk­atkan pesawat Garuda dari Jakarta ke Bumi Blambangan.

Daan menyatakan, setelah penandatan­ganan MoU itu, AP II akan bekerja mendorong pengembang­an Bandara Banyuwangi. ”Sebagai langkah awal, kami akan berkoordin­asi dengan Kemenhub dan Pemkab Banyuwangi untuk melihat hal-hal mana yang akan dikembangk­an,” ujarnya.

Dia menambahka­n, setidaknya ada dua aspek yang akan dikembangk­an di Bandara Blimbingsa­ri. Yakni, sisi udara dan darat. Untuk sisi udara, AP II bakal membantu maskapai menambah frekuensi penerbanga­n dari/dan menuju Banyuwangi. Sebab, frekuensi penerbanga­n sangat dibutuhkan untuk membuat bandara tersebut lebih besar dari sebelumnya.

”Di sini (Bandara Blimbingsa­ri, Red) masih sangat mungkin untuk create traffic lebih banyak lagi. Target kami memang menaikkan traffic. Dan, ke depan, seiring perkembang­an, bandara ini bisa dikembangk­an menjadi bandara internasio­nal. Dari sisi darat, kami sudah menyiapkan beberapa pengembang­an. Ada investasii­nvestasi baru untuk bandara ini,” jelasnya. (sgt/bay/c24/diq)

 ??  ?? RENDRA KURNIA/RADAR BANYUWANGI SENJA: Pesawat Boeing 737-500 milik maskapai NAM Air dan pesawat Bombardier CRJ-1000 Next Gen milik maskapai Garuda Indonesia sama-sama menunggu jadwal terbang sore di Bandara Blimbingsa­ri kemarin.
RENDRA KURNIA/RADAR BANYUWANGI SENJA: Pesawat Boeing 737-500 milik maskapai NAM Air dan pesawat Bombardier CRJ-1000 Next Gen milik maskapai Garuda Indonesia sama-sama menunggu jadwal terbang sore di Bandara Blimbingsa­ri kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia