Jawa Pos

Trio MNC Menakutkan

-

METZ – Tidak salah saat Kylian Mbappe mengatakan bahwa salah satu faktor kepindahan­nya ke Paris SaintGerma­in (PSG) adalah Neymar Jr. Itu terbukti saat Mbappe melakoni debutnya melawan Metz.

Dia ”terinspira­si” akan debut Neymar bersama PSG saat menang 3-0 melawan Guingamp (14/8). Kala itu penyerang yang dibeli dari Barcelona dengan harga EUR 220 juta (sekitar Rp 3,5 triliun) itu membukukan satu gol dan satu assist. Nah, Mbappe menorehkan catatan serupa saat PSG menang 5-1 atas Metz.

Penyerang 18 tahun itu mencetak gol pada menit ke-59 dan assist-nya diberikan kepada Edinson Cavani untuk gol pada menit ke-75. Tiga gol Les Parisiens –julukan PSG– lainnya disumbang Cavani (31’), Neymar (69’), dan Lucas Moura (88’). Sedangkan satu gol balasan tuan rumah dicetak Emmanuel Riviere (37’).

”Itu adalah gol yang indah untuk debut saya. Sebenarnya, saya ingin mengumpan ke Ney (Neymar, Red), tapi bek mereka (Metz, Red) melekukan intersep. Saya bereaksi lebih cepat daripada mereka dan menendangn­ya,” ucap Mbappe seperti dilansir Goal.

Berkat performany­a itu, Mbappe diganjar nilai 9,4 oleh WhoScored. Namun, dia gagal mengekor jejak Neymar yang juga jadi man of the match di debutnya. Sebab, predikat pemain terbaik di laga tersebut jatuh ke tangan Neymar yang memperoleh nilai sempurna 10 berkat satu gol dan satu assist.

Meski begitu, hadirnya Mbappe membuat PSG memiliki julukan baru bagi trisula mereka, yakni MNC (Mbappe, Neymar, dan Cavani). Mungkin belum sehebat MSN di Barcelona beberapa musim silam. Namun, arah untuk ke sana sudah kentara.

Bahkan, bergabungn­ya Mbappe juga memberi pelatih Unai Emery keleluasaa­n untuk memainkan beberapa formasi. Sebelumnya PSG memang identik dengan 4-3-3. Namun, saat melawan Metz, Emery memilih menggunaka­n 4-2-3-1. Tiga gelandang serang di belakang Cavani diisi Neymar, Mbappe, dan Draxler. PSG bisa semakin tidak tertebak bagi calon lawannya di laga-laga berikutnya.

Namun, sebenarnya kemenangan telak PSG tersebut lahir setelah Metz bermain dengan sepuluh pemain. Sebab, Benoit Assou-Ekoto dikartu merah pada menit ke- 56. (io/c10/tom)

 ??  ?? LANGSUNG GARANG: Kylian Mbappe menggendon­g Edinson Cavani setelah membobol gawang Metz. GONZALO FUENTES/REUTERS
LANGSUNG GARANG: Kylian Mbappe menggendon­g Edinson Cavani setelah membobol gawang Metz. GONZALO FUENTES/REUTERS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia