Jawa Pos

Lapas Target Kurangi Jumlah Tahanan

-

SIDOARJO – Lapas Kelas II-A Sidoarjo masih overkapasi­tas. Hingga kemarin (9/9), jumlah tahanan dan narapidana (napi) mencapai 1.087 orang. Namun, pihak lapas telah menargetka­n agar jumlah penghuni itu bisa berkurang.

Salah satu cara untuk mengurangi isi penjara adalah melakukan pemindahan secara rutin. Pekan ini, pihak lapas sudah melakukan pemindahan dua kali. Lebih dari 40 orang dialihkan ke penjara yang lain. Jadwal pemindahan untuk pekan depan juga sudah ditetapkan.

’’Akan ada 50 napi yang dipindah dari lapas ini,’’ kata Kasi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik (Binadik) Lapas Kelas IIA Sidoarjo Fathurossi.

Saat ini, pemindahan merupakan jalan satu-satunya untuk mengurangi jumlah penghuni lapas. Kapasitas penjara hanya cukup untuk 343 orang. Mayoritas napi yang dipindah selama ini merupakan napi kasus narkoba. Maklum, pelaku narkoba mendominas­i di penjara.

Fathurossi menambahka­n, target penghuni yang dikurangi cukup banyak. Setidaknya, penjara tak lagi dihuni seribu orang. Maksimal hanya 900 orang. ’’Jadi, tidak terlalu penuh,’’ ucapnya. (may/c18/hud)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia