Jawa Pos

Perluas Jaringan dan Tularkan Semangat Wirausaha

-

GRESIK – Komunitas Excellent Preneur Indonesia (EPI) terus meningkatk­an kualitas anggotanya. Salah satu upaya yang mereka lakukan adalah menyelengg­arakan pelatihan untuk para anggota. Selain menambah ilmu, jaringan bisnis ikut meluas.

Peserta pelatihan tidak hanya dibatasi dari anggota. Komunitas yang beranggota para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) itu kerap melibatkan masyarakat umum. Meski sudah punya usaha sendiri, mereka tidak segan bertukar ilmu. Jadi, saling memberikan pelatihan. Terutama bagi pelaku usaha yang baru merintis,’’ ujar Ketua EPI Gresik Sulistiani­k.

Sulis menyebutka­n, pihaknya sengaja melibatkan masyarakat umum dalam pelatihan. Sebab, semua orang berpeluang jadi pengusaha. Jiwa kewirausah­aan masyarakat perlu ditumbuhka­n,’’ jelasnya.

Muhammad Syafik, anggota EPI, menyatakan bahwa banyak manfaat yang didapat dari pelatihan tersebutu. Salah satunya, ide untuk menciptaka­n inovasi baru. Apalagi kalau menekuni usaha kerajinan. Banyak belajar hal baru,’’ katanya.

Bukan hanya soal produk kera jinan. Syafik juga tidak sungkan ber bagi tip- tip pemasaran produk kepada sesama anggota maupun masyarakat umum. Bisnis bisa semakin berkembang, jaringan semakin banyak,’’ ucap perajin pelepah pisang asal Giri itu.

Henny Eka Ferdian, anggota lain, menambahka­n bahwa pe latihan serupa akan semakin di gencarkan. Harapannya, peserta dari ma syarakat umum bi sa mencip takan usaha sendiri. Se mangat ber wirausaha perlu ditu larkan,’’ ucapnya. ( adi/ c15/ dio)

 ?? ADI WIJAYA/JAWA POS ??
ADI WIJAYA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia