Jawa Pos

Ribuan Orang Sakit Punggung

-

GRESIK – Banyak orang yang mengeluhka­n sakit di bagian punggung atau low back pain (LBP). Posisi duduk yang salah menjadi salah satu penyebabny­a. Dalam jangka panjang, kondisi tersebut bisa mengakibat­kan kelumpuhan pada saraf kaki.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik mencatat, pada 2016, jumlah penderita LBP mencapai 9.167. Hingga Juni 2017, orang yang baru menderita LBP mencapai 3.976. ”Kebanyakan orang yang bekerja di belakang meja,” ujar dokter spesialis ortopedi RS Petrokimia dr Wirindro Wisnubroto SpOT.

Lelaki yang akrab disapa dokter Bot itu menyatakan, nyeri punggung bagian bawah disebabkan posisi duduk yang terlalu lama. Rasa sakit atau nyeri kerap kali dialami pada bagian atas pinggang. Ketika duduk terlalu lama, bagian tersebut jarang mengalami gerak.

Jika dibiarkan, otot punggung bagian bawah bisa kaku. Karena itu, perlu dilakukan peregangan. Misalnya, berdiri sejenak, lalu membungkuk secara perlahan. ”Bisa juga memutar badan ( mulet, Red) secara perlahan. Itu dilakukan minimal satu jam sekali selama duduk,” terangnya. (adi/16/dio)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia