Jawa Pos

Adu Cantik Kadal Herbivor

-

SURABAYA – Elus-elus si hijau berekor. Pemandanga­n tersebut menyelimut­i Pet Area, Pakuwon Trade Center, kemarin (9/9). Ajang saling mengelus dan pamer binatang kesayangan menjadi aktivitas para peserta kontes Open Iguana SVL di atas 20 sentimeter. Yang dilombakan adalah iguana yang sudah memiliki panjang tubuh 20 sentimeter. Panjang tubuh diukur mulai ujung mulut hingga sendi sebelum ekor.

Kompetisi tersebut diikuti 25 peserta. Para pencinta hewan herbivor yang mengikuti lomba itu datang dari berbagai daerah. Antara lain, Kediri, Lamongan, Malang, dan tidak ketinggala­n Surabaya. Sebagian besar peserta merupakan anggota komunitas pencinta reptil perwakilan dari berbagai kota. Secara bergiliran, para peserta memasuki arena sambil menggendon­g si iguana. Sifat iguana yang jinak membuat para peserta nyaman membiarkan­nya bertengger di lengan, merambat di kepala, bahu, hingga dada.

Tengok saja Hari Purwanto, salah seorang peserta, dengan green iguana di bahunya. Iguana tersebut merupakan salah satu peliharaan­nya yang paling aktif. Hari memiliki lima iguana di rumahnya. ’’ Yang saya bawa ini paling prima. Warnanya bagus. Semoga bisa menang di kompetisi ini,’’ ucapnya. Iguana milik pria 30 tahun tersebut memiliki panjang tubuh 135 cm dengan berat 2 kg. Hari memelihara iguana itu selama tiga tahun.

Untuk memberikan performa yang baik, iguana dijemur setiap pagi. Matahari adalah faktor penting untuk menentukan warna dan corak kulit iguana. Keindahan warna merupakan salah satu poin yang dinilai dalam kompetisi tersebut.

Selain itu, sebagai hewan herbivor, iguana gemar memakan sayuran dan buah segar. Namun, porsi yang diberikan harus seimbang dan tidak boleh terlalu banyak. ’’ Saya suka kasih ia sawi, kangkung, dan pepaya,’’ ucap Hari. Peserta dengan nomor dada 14 tersebut optimistis hewan kesayangan­nya bisa menjadi juara dalam kompetisi tersebut. Sebab, iguananya tidak memiliki cacat fisik.

Adim Bagas, peserta lain, turut memamerkan iguana jenis red albino. Bagas merupakan salah seorang anggota Komunitas Iguana Kediri (Komik). Dia memiliki tiga ekor iguana dengan jenis berbeda. ’’ Ini yang paling jagoan. Karena agak langka,’’ tuturnya.

Iguana menjadi salah satu reptil yang banyak digemari. Selain punya sifat jinak, perawatan iguana cenderung mudah. ’’ Habitat aslinya Amerika Selatan. Namun, hewan ini cocok dipelihara di Indonesia dengan cuaca tropis mirip dengan habitatnya,’’ jelas Budi Wonosasmit­o, penyelengg­ara acara sekaligus juri kompetisi.

Dia menuturkan, selain fisik, sifat iguana jadi poin penilaian. Stres akan berdampak pada warna kulit yang menjadi gelap. Selain itu, iguana yang stres akan menampakka­n sifat yang lebih liar. Para peserta memperebut­kan trofi, uang tunai, dan hadiah berupa iguana. Pemenang diumumkan siang ini. (esa/c15/ano)

 ?? GHOFUUR EKA / JAWA POS ?? HEWAN JINAK: Sejumlah peserta memamerkan iguana jagoannya dalam Animal Reptile Festival yang digelar di PTC kemarin. Pemenang kontes ini akan diumumkan hari ini.
GHOFUUR EKA / JAWA POS HEWAN JINAK: Sejumlah peserta memamerkan iguana jagoannya dalam Animal Reptile Festival yang digelar di PTC kemarin. Pemenang kontes ini akan diumumkan hari ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia