Jawa Pos

Tipuan Anaconda Melilit Pitbull

-

SEBUAH foto anaconda mendadak menjadi perbincang­an. Satwa yang dikenal berasal dari Amerika Selatan itu terlihat sedang membelit anjing pitbull warna putih berukuran besar. Pitbull tersebut tampak mengerang kesakitan berupaya keluar dari lilitan anaconda.

Foto anaconda melilit pitbull itu dibuat seolah-olah merupakan video. Tujuannya memancing seseorang untuk mengeklik. Padahal, sampai bosan mengeklik, Anda tidak akan menemukan video anaconda tersebut.

Yang terjadi, Anda akan diarahkan ke halaman situs scam atau penipuan. Halaman itu mirip Facebook. Klik selanjutny­a akan memunculka­n popup yang mengharusk­an membagikan posting- an mereka. Saran kami, stop, jangan lakukan apa pun sampai di situ. Sebab, ketika tombol share diklik, Anda akan diminta untuk login Facebook.

Inilah modus pencurian identitas yang biasa terjadi di Facebook. Jadi, jangan dilanjutka­n dan tutup ( close) saja halaman tersebut. Sebab, sampai kapan pun, Anda tak akan menemukan video anaconda sedang melilit pitbull. Sebab, itu adalah video palsu. Snapshot yang tersebar di Facebook hanyalah rekayasa digital.

Foto anaconda versus pitbull itu berasal dari penggabung­an dua foto. Yang pertama adalah karya fotografer asal Prancis Jean Michel Labat ketika sedang berada di Venezuela. Diceritaka­n Labat, kura-kura itu akhirnya bisa lepas dari lilitan anaconda. Untuk foto kedua, pitbull putih yang sedang dililit anaconda berasal dari Flickr. Di-posting akun bernama Robbie Clarke. Dua foto itu kemudian digabung.

Anda yang ingin melihat foto anaconda melawan anjing beneran mungkin bisa mencari di YouTube. Ada sebuah video yang sempat viral. Video itu menggambar­kan sekelompok orang yang berusaha mengeluark­an bangkai anjing dari perut anaconda yang sudah mati. Jadi, berhatihat­ilah jika menemukan foto yang menarik perhatian di internet. Sebab, upaya-upaya penipuan kini dilakukan dengan sejumlah cara di dunia digital. (gun/17/fat)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia