Jawa Pos

Pembakar Lahan Ditangkap

-

SAMPIT – Sugianoor, 41, yang diduga membakar lahan di Desa Lempuyang, Kecamatan Teluk Sampit, Kotawaring­in Timur, Kalteng, akhirnya ditangkap Polsek Jaya Karsa. Pembakaran semak belukar serta pohon sawit tersebut merusak sekitar 1 hektare lahan pada Sabtu (9/9).

Kapolsek Jaya Karsa Ipda Hamdan Samudro menyatakan, penangkapa­n itu berdasar laporan warga serta anggota TNI. Saat Sugianoor diamankan dan diinteroga­si, pembakaran lahan tersebut memang sengaja dilakukan dengan alasan ingin membuka lahan. Juga ingin membersihk­an karena melihat rumput kering di sekitar lahan sawit.

”Rupanya, setelah melakukan pembakaran, pelaku pulang untuk makan siang. Di saat pergi itulah, api menjalar ke mana-mana hingga mengenai lahan milik warga lain. Pelaku yang datang ke lokasi kejadian tidak bisa berbuat apa-apa karena api sudah membesar dan membakar hingga sekitar 1 hektare,” terangnya.

Meski begitu, Samudro menambahka­n, pihaknya tidak memberikan toleransi kepada pelaku pembakar lahan. Sebab, pihaknya merasa sudah beberapa kali bersosiali­sasi agar tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan. Tetapi, masih saja ditemukan pelaku yang nekat. ”Kami kenakan pasal 52 ayat 1 jo pasal 41 ayat 1 dan atau ayat 2 huruf b dan huruf c Perda Kotim Nomor 7 Tahun 2003 tentang Pencegahan dan Penanggula­ngan Kebakaran Lahan,” ungkap Samudro.

Sementara itu, cuaca panas di Kabupaten Lamandau menimbulka­n adanya titik api yang terdeteksi dari satelit. Plt Kepala Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah (BPBD) Lamandau Masdiani membenarka­n adanya titik api di wilayah Lamandau pada Sabtu.

”Ada dua titik api di Kecamatan Menthobi Raya dan langsung ditindakla­njuti tim,” ujarnya kemarin. (son/alh/abe/c25/ami)

 ?? SONY/KALTENG POS/JPG ?? TAK BERKUTIK: Sugianoor (kiri) diamankan petugas. Dia diduga membakar lahan satu hektare di Desa Lempuyang, Teluk Sampit, Kotawaring­in Timur, Kalteng.
SONY/KALTENG POS/JPG TAK BERKUTIK: Sugianoor (kiri) diamankan petugas. Dia diduga membakar lahan satu hektare di Desa Lempuyang, Teluk Sampit, Kotawaring­in Timur, Kalteng.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia