Jawa Pos

ISIS Kantongi 11 Ribu Pasporp Kosong

-

FRANKFURTF­R – Bila jatuh ke tangan orang ya yang salah, dokumen negara bisa di disalahgun­akan. Dampaknya bisa sangat lu luar biasa bahaya. Misalnya, yang terjadi di Sy Syria saat ini. Lebih dari 11 ribu paspor resm resmi yang belum diisi identitas pemeg pemegangny­a jatuh ke tangan ISIS. Tidak mengherank­an, ISIS bisa memperluas jaringan di berbagai negara dan dengan mudah melakukan teror-teror baru.

”ISIS memiliki sekitar 11.100 buku paspor kosong Syria yang bisa ditulisi data diri siapa pun.” Demikian keterangan salah seorang pejabat keamanan Jerman dalam wawancara dengan mingguan Bild am Sonntag. Kemarin (11/9) tabloid berbahasa Jerman tersebut menyatakan bahwa tim investigas­i pemerintah Jerman telah memiliki daftar nomor seri paspor-paspor itu. Tim tersebut bekerja setelah mendapati ribuan paspor palsu yang digunakan para pengungsi masuk ke Jerman.

”Dalam kaitannya dengan keamanan Jerman dan krisis pengungsi saat ini, kami menduga kelompok teror itu sengaja menyelundu­pkan anggota-anggota mereka ke Eropa dan (khususnya) Jerman sebagai pengungsi dengan berbekal paspor palsu tersebut,” kata juru bicara (jubir) Bundeskrim­inalamt (BKA) alias Badan Kriminal Kepolisian Federal (setara Bareskrim Polri di Indonesia).

Jubir perempuan yang merahasiak­an namanya itu lantas mengatakan bahwa temuan tentang paspor kosong tersebut membuat Jerman semakin waspada. Sebab, para pelaku teror Paris yang menewaskan 130 orang pada November 2015 juga kedapatan menggunaka­n paspor palsu untuk masuk Prancis. Karena buku-buku paspor kosong itu asli, petugas imigrasi bisa jadi kesulitan membedakan­nya dengan yang resmi. (AFP/hep/c6/any)

 ?? REBECCA BLACKWELL/AP PHOTO ?? ANTRE RAPI: Ibu-ibu di Juchitan, Oaxaca, Meksiko, antre untuk mendapatka­n bahan pokok seperti beras.
REBECCA BLACKWELL/AP PHOTO ANTRE RAPI: Ibu-ibu di Juchitan, Oaxaca, Meksiko, antre untuk mendapatka­n bahan pokok seperti beras.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia