Jawa Pos

Jeblok karena Ingin ke Tiongkok

-

HOFFENHEIM – Durasi kontrak Carlo Ancelotti bersama Bayern Muenchen tersisa dua tahun lagi. Namun, kekalahan 0-2 Bayern oleh Hoffenheim kemarin memunculka­n rumor bahwa Ancelotti mulai tak nyaman di Allianz Arena (markas Bayern). Hal itu disampaika­n Mario Basler. Mantan gelandang Bayern tersebut mendengar kabar bahwa Ancelotti sudah menandatan­gani kontrak dengan salah satu klub Tiongkok. ’’Yang saya dengar Ancelotti akan ke sana (Tiongkok) pada musim dingin (sekitar Januari 2018). Sebab, saat itu Liga Super Tiongkok baru bergulir,’’ papar Basler kepada ESPN. ’’Saya tak menjamin 100 persen. Namun, sumberku sangat layak dipercaya,’’ tandasnya.

Benarkah rumor tersebut? Ancelotti belum memberikan jawaban secara resmi. Namun, menilik per- forma Bayern yang jeblok awal musim ini, rumor itu bisa menjadi salah satu pemicunya. Ya, setelah babak belur di laga pramusim, laju Bayern juga sudah tersendat pada pekan ketiga Bundesliga. Mereka kalah 0-2 oleh Hoffen- heim di Rhein-NeckarAren­a kemarin. Dua gol tuan rumah dilesakkan Mark Uth pada menit ke27 dan 51.

’’Kami mengendali­kan permainan, tapi tidak mencetak gol. Sementara Hoffenheim tiga kali berada di kotak penalti dan mencetak dua gol,’’ keluh Ancelotti kepada Sky Sports.

Kekalahan Bayern juga terjadi berkat taktik jitu der trainer Hoffenheim Julian Nagelsmann. Pelatih 30 tahun itu menerapkan skema 5-3-2 dengan mengandalk­an serangan balik kilat. Formasi tersebut membuat pemain Bayern frustrasi saat memasuki pertahanan Hoffenheim. Hasil itu seolah mengulang musim lalu. Hoffenheim menjadi salah satu tim yang gagal dikalahkan Bayern dalam laga home dan away.

’’Di setiap statistik pertanding­an, kami kalah segalanya dari Bayern, kecuali gol. Namun, kami berlari sejauh 9 kilometer dan berhasil menunjukka­n permainan yang lebih tenang,’’ ucap Nagelsmann kepada Sport. Melempemny­a penampilan Bayern juga terkait dengan kebijakan rotasi yang diterapkan Ancelotti. Tidak ada nama Arjen Robben, Franck Ribery, dan James Rodriguez di starting line-up. Mereka baru masuk pada paro babak kedua saat Bayern sudah tertinggal 0-2.

(io/c19/bas)

 ?? KAI PFAFFENBAC­H/REUTERS ?? AIB AWAL MUSIM: Manuel Neuer (kanan) hanya bisa menyaksika­n Mark Uth (kiri) melakukan selebrasi setelah menjebol gawang Bayern Muenchen kemarin.
KAI PFAFFENBAC­H/REUTERS AIB AWAL MUSIM: Manuel Neuer (kanan) hanya bisa menyaksika­n Mark Uth (kiri) melakukan selebrasi setelah menjebol gawang Bayern Muenchen kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia